Viral, Lahiran Tiup-tiup Minim Trauma ala Bidan Novel

Selama hamil, ibu diminta banyak berjalan kaki.

Mutia Nugraheni
| 5 Januari 2021 16:03

Risiko yang Mungkin Muncul

Beberapa wanita mungkin mengalami kesulitan untuk menambah berat badan selama fase awal kehamilan. Biasanya hal ini karena mual berlebihan dan sulit makan dan bakal mereda. Bila terus berlanjut, berat badan malah berkurang maka ibu harus mendapat perhatian khusus.

Mengapa berat badan ibu yang kurang bisa berbahaya? Penting untuk menambah berat badan selama kehamilan, terutama selama trimester kedua dan ketiga. Berat badan ibu yang kurang mungkin memiliki efek negatif pada bayi yang belum lahir.

"Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa jika seorang wanita kekurangan berat badan selama kehamilan, maka komplikasi seperti berat badan lahir rendah (kurang dari 2.5kg) atau persalinan prematur (sebelum 37 minggu) dapat terjadi," ungkap dr Sangeeta.

Memperbaiki pola makan, mengonsumsi menu kaya gizi harus terus dilakukan demi mencapai berat badan standar ibu hamil. Normalnya kenaikan berat badan saat hamil adalaj 12 hingga 18 kg, bila di bawah 12 segera konsultasi dengan dokter kandungan atau doker gizi.

Selanjutnya :

Menguak Manfaat Berhubungan Intim Saat Hamil

Video Detik-detik Mobil Presiden Jokowi Terjang Banjir di Kalsel

Jangan Lewatkan