Perusahaan Ini Sudah Terapkan Cuti Melahirkan 6 Bulan Sejak 2016

Seperti apa implementasinya?

Okti Nur Alifia
| 22 Juni 2022 10:12

Dream -  Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sedang merancang kebijakan baru terkait waktu cuti melahirkan. Dari yang awalnya 3 bulan menjadi 6 bulan dengan gaji tetap dibayar. Hal ini menuai pro kontra.

Rupanya, kebijakan tersebut sudah diterapkan di salah satu perusahaan di Indonesia, yaitu Danone Indonesia. Perusahaan yang memiliki 15 ribu karyawan ini justru sudah menerapkan kebijakan cuti melahirkan 6 bulan semenjak 2016.

“ Jadi itu dimulainya sebenarnya bertahap, tahun 2014, karena Danone ini misinya adalah bring health through food to as many people as possible, bagaimana menciptakan kesehatan melalui pangan,” kata Corporate Communications Danone Indonesia, Arif Mujahidin, dalam acara konferensi pers community engagement Danone Aqua bersama TVMU & UMJ di Gedung Pusat Muhammadiyah Jakarta, pada Senin, 20 Juni 2022.

Sarihusada yang berada di bawah naungan Danone kini menerapkan cuti melahirkan 4 bulan. Lalu disusul semua kelompok usaha Danone termasuk Aqua dan Nutricia di tahun 2016, dengan memberikan cuti 6 bulan dan berbayar.

Arif menyebut, Danone ingin menjadi perusahaan yang family friendly. Apalagi soal melahirkan, yang menurutnya penting untuk memberi waktu lebih kepada karyawan wanita dan sang bayi.

Selanjutnya :

Para Ayah Cuti 10 Hari

Respon Warganet Usai Hotman Paris Minta Maaf ke MUI Terkait Kontroversi Holywings

Jangan Lewatkan