Uji Klinis Vaksin Moderna Mulai Dilakukan Pada Anak

Untuk vaksin bagi anak, dibutuhkan proses yang berbeda karena sistem imunitasnya tak sama dengan orang dewasa.

Mutia Nugraheni
| 7 Desember 2020 16:02

Dream - Pengembangan vaksin Covid-19 terus dilakukan dan dikebut. Saat ini, baru produsen vaksin Pfizer yang mendapat izin edar darurat yang dikeluarkan oleh Inggris.

Vaksin yang sedang disiapkam dan tersebut diperuntukkan bagi orang dewasa berusia 18 hingga 55 tahun

Untuk vaksin bagi anak, dibutuhkan proses yang berbeda karena sistem imunitasnya tak sama dengan orang dewasa. Kabar baiknya adalah perusahaan bioteknologi Moderna telah mulai menguji vaksin virus Covid-19 pada anak-anak berusia 12 tahun.

Pfizer juga telah mulai melakukan pengujian untuk melihat pengaruhnya pada remaja dan anak-anak. Uji klinis akan melibatkan 3.000 relawan berusia antara 12 dan 18 tahun.

Berdasarkan informasi dari clinicaltrials.gov, uji coba bakal dilakukan diadakan di enam negara bagian. Antara lain Idaho, Minnesota, New York, Oklahoma, Texas, dan Utah.

Dikutip dari Independent.co.uk, pejabat federal AS mengatakan sangat penting vaksin itu diuji pada anak-anak dan remaja sebelum didistribusikan secara luas pada 2021 mendatang. Baik vaksin Pfizer maupun Moderna kini sedang menunggu persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (Food Drugs Administration).

Vaksin Pfizer dinyatakan 95 persen efektif, sementara vaksin Covid-19 dari Moderna dilaporkan 94 persen efektif.

 

 

Selanjutnya :

5 Vaksin Dasar Anak yang Dijamin BPJS Kesehatan

Muhasabah bersama Ustaz Erick Yusuf

Jangan Lewatkan