Uji Klinik Vaksin Oxford-AstraZeneca untuk Anak di Inggris Dihentikan

Uji klinik ini ditujukan untuk anak usia 6 hingga 17 tahun.

Mutia Nugraheni
| 7 April 2021 11:11

Vaksin Pfizer dan Moderna Diklaim Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Dream - Hingga saat ini vaksin Covid-19 belum mendapat izin untuk diberikan kepada ibu hamil. Hal tersebut karena dibutuhkan uji klinik khusus untuk melihat keamanan dan efektivitas vaksin pada ibu hamil dan janin.

Rupanya ada kabar baik, vaksin Covid-19 produksi Pfizer-BioNTech dan Moderna diklaim aman dan efektif pada ibu hamil dan menyusui. Hal ini menurut sebuah studi terbaru yang diterbitkan di American Journal of Obstetrics & Gynecology. Studi tersebut juga menemukan bahwa ibu dapat menularkan antibodi ke bayinya.

“Itu adalah informasi yang sangat penting bagi pasien kami. Kami tahu bahwa vaksin ini bekerja,” kata Andrea Edlow, MD, penulis studi senior dan spesialis obstetri dan ginekologi di Rumah Sakit Umum Massachusetts, dikutip dari WebMD.

Tim peneliti mempelajari 131 wanita yang menerima vaksin Pfizer atau Moderna, termasuk 84 wanita hamil, 31 menyusui dan 16 wanita tidak hamil. Ketiga kelompok tersebut memiliki tingkat antibodi tinggi yang serupa. Studi tersebut juga tidak menemukan perbedaan yang signifikan dalam efek samping vaksin antara wanita hamil dan tidak hamil.

 

Selanjutnya :

Menularkan Antibodi ke Janin

Jokowi Resmi Lantik Pengisi Dua Kementerian Baru dan Kepala BRIN

Jangan Lewatkan