Uji Klinik Vaksin Oxford-AstraZeneca untuk Anak di Inggris Dihentikan

Uji klinik ini ditujukan untuk anak usia 6 hingga 17 tahun.

Mutia Nugraheni
| 7 April 2021 11:11

Sinovac Klaim Vaksinnya Aman untuk Usia Anak 3-17 Tahun

Dream - Hingga saat ini vaksin Covid-19 untuk anak belum ada. Kabar gembira datang dari Sinovac, produsen vaksin asal China. Pihak Sinovac mengklaim kalau vaksin Covid-19 untuk anak yang mereka buat aman untuk anak-anak usia 3-17 tahun.

Klaim tersebut berdasarkan preliminary data. Data tersebut telah diserahkan ke regulator obat China. China telah menyetujui penggunaan vaksin Covid-19 Sinovac pada orang dewasa tetapi tidak untuk anak-anak. Hal itu karena sistem kekebalan anak sangat mungkin merespons vaksin secara berbeda.

Dibutuhkan penelitian dan uji klinik khusus untuk membuat vaksin Covid-19 bagi anak-anak. Direktur medis di Sinovac, Gang Zeng, mengungkap kalau susah melakukan uji klinis tahap awal pada 550 subjek anak-anak. Hasilnya, vaksin memicu respons kekebalan.

"Dua penerima mengalami demam tinggi sebagai respons terhadap vaksin, satu anak berusia 3 tahun dan yang lainnya berusia 6 tahun. Subjek uji coba lainnya mengalami gejala ringan," kata Zeng, dikutip dari ABCNews.

“Ini menunjukkan bahwa vaksin itu aman dan akan menghasilkan respons imun yang berpotensi terhadap SARS-CoV-2,” kata Eng Eong Ooi, profesor di sekolah Kedokteran Duke NUS di Singapura yang ikut terlibat dalam pengembangan vaksin secara terpisah.

 

Selanjutnya :

Anak Berisiko Menularkan

Merawat Warisan [TEASER]

Jangan Lewatkan