Uji Klinik Vaksin Oxford-AstraZeneca untuk Anak di Inggris Dihentikan

Uji klinik ini ditujukan untuk anak usia 6 hingga 17 tahun.

Mutia Nugraheni
| 7 April 2021 11:11

Dream - Vaksin Covid-19 untuk anak-anak saat ini masih dalam tahap uji klinik. Salah satu produsen vaksin yang melakukannya adalah Oxford-AstraZeneca. Sebuah kabar mengejutkan datang dan proses uji klinik vaksin Covid-19 untuk anak- anak di Inggris.

Badan regulator obat di Inggris memutuskan untuk menghentikan sementara uji klinik vaksin Covid-19 Oxford-AstraZeneca untuk anak-anak. Dikutip dari BBC, hal tersebut karena kemungkinan adanya hubungan dengan kejadian pembekuan darah langka pada orang dewasa.

Uji coba vaksin Oxford-AstraZeneca pada anak-anak di Inggris dimulai pada Februari 2021 lalu. Uji klinik tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah vaksin bisa menghasilkan respons imun yang kuat pada anak yang berusia antara enam dan 17 tahun.

Kini, uji coba ditangguhkan. Keputusan tersebut dilakukan setelah seorang pejabat European Medicines Agency (EMA), berbicara dalam kapasitas pribadi, mengatakan tampaknya ada hubungan dengan suntikan dan pembekuan darah langka.

Profesor Andrew Pollard dari Universitas Oxford mengatakan kepada BBC bahwa tidak ada masalah keamanan dengan uji coba itu sendiri, tetapi para tim peneliti uji klinik sedang menunggu informasi lebih lanjut.

" Meskipun tidak ada masalah keamanan dalam uji klinis pediatrik, kami menunggu informasi tambahan dari MHRA (Medicines and Healthcare products Regulatory Agency/ badan regulator obat Inggris) tentang peninjauan kasus langka trombosis / trombositopenia yang telah dilaporkan pada orang dewasa, sebelum memberikan vaksinasi lebih lanjut dalam uji coba," kata Pollard.

Saat ini ada dua vaksin Covid-19 yang digunakan di Inggris. Pertama, yang dikembangkan oleh Oxford-AstraZeneca dan yang kedua, Pfizer-BioNtech - digunakan di Inggris. Sementara vaksin Covid-19 dari Moderna telah disetujui.

Selanjutnya :

Vaksin Pfizer dan Moderna Diklaim Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Nagita Positif hamil Anak Kedua

Jangan Lewatkan