Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Tunggu Bukaan Persalinan, Bidan Sarankan 3 Goyangan Ini

Tunggu Bukaan Persalinan, Bidan Sarankan 3 Goyangan Ini Ibu Hamil

Dream - Bagi ibu hamil yang sedang menanti persalinan buah hati, penting untuk menyiapkan fisik dan mental. Salah satunya dengan menambah pengetahuan tentang hal-hal apa saja yang bisa dilakukan saat menunggu bukaan lengkap.

Ada yang bukaan 1 hingga 10 terjadi dengan cepat, tapi ada juga yang sebaliknya. Butuh waktu lama hingga bukaan mencapai 10. Untuk menunggu, ibu hamil disarankan untuk melakukan banyak gerak.

Bidan Ony, seorang bidan profesional yang juga praktisi yoga hamil, lewat akun Instagramnya @bidankriwil menyarankan untuk melakukan beberapa gerakan goyang. Lewat video yang diunggahnya, Bidan Kriwil menunjukkan gerakan mudah bagi ibu hamil saat menunggu bukaan.

Bidan Kriwil

"Nunggu bukaan nambah sambil ngapain?? Sambil goyang dong," tulisnya.

 

Lihat video gerakan

Untuk gerakan pertama, ia menyarankan Table Pose. Caranya dengan majukan tangan satu langkah ke depan lalu goyang pinggul. Lakukan beberapa kali, untuk membantu bukaan lebih lancar.

Bisa juga lakukan gerakan Kneeling Hip Circles, dan posisi memutar. Berikut videonya.

      View this post on Instagram

A post shared by Bidan Ony | Kriwilife (@bidankriwil)

 

Dokter Ingatkan Ibu Hamil yang Hobi Makan Junk Food

Dream - Junk food memang jadi salah satu godaan terbesar. Teksturnya yang garing, rasanya gurih, dan harganya cukup terjangkau. Mengonsumsinya sesekali tidak masalah, tapi jika terlalu sering bisa sangat berbahaya.

Terutama bagi ibu hamil. Dokter Muhammad Ilham Aldika Akbar, spesialis obstetri dan ginekologi yang praktik di RSIA Kendangsari, Surabaya mengingatkan para ibu hamil untuk menghindari junk food.

"Mengapa sebaiknya bumil tidak makan junk food/ fast food/ makanan instan selama hamil? Tahukah bahwa dampaknya tidak hanya jangka pendek namun jg jangka panjang untuk bayi ke depan," tulis dr. Aldy dalam akun Instagram @dr_aldi_obgyn.

Menurutnya, kebiasaan makan junk food saat hamil akan membuat otak janin sejak dini akan diprogram untuk menyukai makanan tidak sehat. Hal ini bisa membuatnya terus berpengaruh sampai dia dewasa.

"Ini sama dengan memprogram anak mempunyai pola hidup tidak sehat yang akan terus terbawa sampai dewasa," ungkap dr. Aldy.

Ia juga mengingatkan kalau junk food tak memiliki kandungan nutrisi vitanin dan mineral, yang baik. Hanya gula, garam dan zat tidak sehat lainnya.

"Meningkatkan risiko alergi asma, obesitas, penyakit metabolik pada bayi di masa depan. Menggangu pencernaan bumil dan risiko diabetes kegemukan saat hamil," pesannya.

Sakit Pinggang Saat Hamil yang Bisa Jadi Pertanda Bahaya

Dream - Keluhan sakit pinggang pada ibu hamil cukup sering terjadi. Terutama ketika memasuki trimester tiga kehamilan, ketika janin sudah semakin besar. Bobot bertambahn dan punggung mendapat beban yang lebih dari biasanya.

Tak heran kalau tulang dan otot punggung terasa nyeri. Untuk meredakan nyeri punggung, biasanya ibu hamil diminta untuk banyak melakukan peregangan. Tidur dengan menaruh bantal di punggu serta kaki, atau mandi air hangat.

Biasanya, rasa pegal dan nyeri akan sedikit mereda. Sakit punggung pada ibu hamil sebenarnya tak berbahaya, tapi ada beberapa kondisi jika sakit tersebut disertai keluhan lain, tak boleh dianggap sepele.

"Komunikasikan dengan dokter jika sakit punggung yang muncul sangat menggangu. Harus terbuka dengan dokter, jangan ragu untuk berkonsultasi," kata Mary Rosser, M.D., Ph.D., seorang dokter obstetri dan ginekologi di Montefiore Medical Center New York.

Sakit punggung saat hamil bisa jadi tanda bahaya bila disertai beberapa masalah berikut. Apa saja?

 

Mengalami pendarahan dan kontraksi

Terkadang sakit punggung adalah tanda bahwa sesuatu yang serius sedang terjadi. Di antara penyebab nyeri punggung kehamilan yang paling mengkhawatirkan adalah persalinan prematur.

Dokter Rosser menyarankan untuk memperhatikan rasa sakit yang "baru" dan "siklus", yang bisa menjadi tanda kontraksi rahim, bersama dengan pendarahan vagina atau perubahan keputihan yang dapat mengindikasikan masalah plasenta atau ketuban pecah dini. Coba istirahat sebentar, jika keluhan terus terjadi segera konsultasi dengan dokter.

 

Demam

Demam, bila disertai dengan nyeri di punggung bagian bawah atau di sepanjang sisi punggung antara tulang rusuk dan pinggul, bisa menjadi tanda infeksi ginjal atau kandung kemih yang memerlukan perhatian segera. Termasuk mendapat pengobatan dengan antibiotik.

Dokter Rosser mengingatkan dua infeksi tersebut sangat berbahaya bagi ibu hamil dan harus segera diatasi. Misalnya disertai buang air kecil yang menyakitkan, darah dalam urin, kedinginan, atau demam, ini mungkin merupakan tanda-tanda masalah ginjal atau saluran kemih. Jangan tunda untuk segera periksa ke dokter.

 

Mati Rasa

Meskipun penyebab mati rasa biasanya bukan kondisi yang lebih mengkhawatirkan, seperti persalinan prematur, itu bisa menandakan kompresi saraf sciatic atau saraf lain yang menghubungkan tulang belakang ke tubuh bagian bawah dan daerah panggul. Nyeri saraf sciatic umum terjadi selama kehamilan.

Ibu hamil mungkin membutuhkan fisioterapi jika memang nyeri tersebut sangat hebat. Terutama bila mengalami mati rasa, kesemutan, atau rasa sakit yang tajam di bokong atau kaki.

Sumber: Parents

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

Banyak yang tak sadar bahwa petir sebenarnya muncul dalam berbagai macam warna. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Baca Selengkapnya
Pernah Muncul Tahun 1927, Golongan Darah Langka Ditemukan Lagi di Cina

Pernah Muncul Tahun 1927, Golongan Darah Langka Ditemukan Lagi di Cina

Orang dengan golongan darah langka ditemukan lagi di Cina setelah pertama kali muncul pada 1927. Golongan darah ini terbagi jadi 5 subvarian.

Baca Selengkapnya
Tak Sengaja Kepalanya Ketiban Daging, Singa Ini Baper dan Marah

Tak Sengaja Kepalanya Ketiban Daging, Singa Ini Baper dan Marah

Penjaga hewan melemparkan daging melintasi pagar, dan itu mengenai kepala singa langsung!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bikin Adonan Hingga Goreng Sendiri, Momen Cinta Kuya Jual Pisang Goreng di Amerika

Bikin Adonan Hingga Goreng Sendiri, Momen Cinta Kuya Jual Pisang Goreng di Amerika

Menerima banyak pesanan, Cinta Kuya memproduksi pisang gorengnya itu bersama dengan keluarganya.

Baca Selengkapnya
5 Cara Biar Gorengan Selalu Garing, Dijamin Tahan Seharian

5 Cara Biar Gorengan Selalu Garing, Dijamin Tahan Seharian

Jangan biarkan tekstur makanan yang renyah berubah setelah dibiarkan seharian. Lakukan 5 cara sederhana.

Baca Selengkapnya
Bikin Tumis Pare Gurih,  Ada Trik Kurangi Rasa Pahitnya

Bikin Tumis Pare Gurih, Ada Trik Kurangi Rasa Pahitnya

Ada banyak variasi tumis pare yang dapat disajikan dengan tambahan berbagai bahan lainnya, sehingga membuat hidangan semakin nikmat.

Baca Selengkapnya
Kocak Tapi Bikin Geregetan! Dikira Digondol Siluman Buaya, Ternyata 2 Bocah di Brebes 'Santuy' Ikut Lihat Proses Pencarian Tim SAR

Kocak Tapi Bikin Geregetan! Dikira Digondol Siluman Buaya, Ternyata 2 Bocah di Brebes 'Santuy' Ikut Lihat Proses Pencarian Tim SAR

Kedua bocah yang dikabarkan hilang ternyata tidur nyenyak di rumah, setelah bangun tidur mereka ikutan nonton pencarian.

Baca Selengkapnya
5 Penyebab Keringat Dingin yang Kerap Dianggap Sepele

5 Penyebab Keringat Dingin yang Kerap Dianggap Sepele

Gejala umum yang menyertai keringat dingin meliputi pusing, mual, dan detak jantung yang terasa cepat.

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Katun Jepang yang Tepat untuk Gamis Lebaran

Cara Memilih Katun Jepang yang Tepat untuk Gamis Lebaran

Beberapa cara memilih katun Jepang yang tepat untuk gamis Lebaran. Yuk simak!

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Prinsip Kerja

NOTED KAK! Prinsip Kerja

Sahabat Dream, ada gak sih yang bekerja dengan prinsip ini? Kalau kamu prinsip kerjanya seperti apa?

Baca Selengkapnya