Tumbuh Kembang Anak Optimal, Penuhi Nutrisi dan Stimulasi

Cari tahu apa saja yang sangat dibutuhkan si kecil.

Mutia Nugraheni
| 3 Maret 2021 12:02

Dream – Dunia anak adalah dunia bermain. Bermain secara aktif akan membuat tumbuh kembang anak jadi lebih optimal terutama di usia 0 hingga 5 tahun. Rasa ingin tahu akan memicunya untuk melakukan eksplorasi.

Seperti melihat ke kanan dan ke kiri, menggapai barang, melangkahkan kaki, meraih hal yang menarik perhatiannya dan masih banyak lagi. Selain itu, anak juga butuh stimulasi optimal dan nutrisi spesifik untuk dapat mendukung tumbuh kembangnya.

" Untuk pertumbuhan fisik, dibutuhkan nutrisi protein dan kalsium, sementara untuk otak, dibutuhkan nutrisi minyak ikan sebagai sumber DHA, kemudian dibutuhkan asam lemak Omega3, Omega6 sehingga dapat mendukung fungsi belajar anak,” ujar Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc, Pakar Gizi Medik, pada Konferensi Pers Gerakan 1 Juta Bunda Bangga, Selasa, 2 Maret 2021.

Dalam mendukung nutrisi ini, juga perlu dukungan dari sistem kekebalan tubuh baik dari dalam maupun luar. Kekebalan tubuh dapat didapatkan pula melalui nutrisi spesifik, seperti zat besi, vitamin C, E, D, mineral seng, probiotik, dan serat pangan.

Profesor Wati menjelaskan secara detail tentang asupan nutrisi penting yang mendukung perlindungan anak usia 1-5 tahun selama proses pertumbuhan, perkembangan, dan eksplorasi, berikut penjelasannya:

 

Selanjutnya :

Zat Gizi Penting

Women Spirit in Natural & Sustainable Living

Jangan Lewatkan