Tubuh Sudah Siap Hamil atau Belum? Yuk, Cari Tahu

Anda persiapan pemeriksaan penting yang sebaiknya dilakukan calon ibu agar kehamilan berjalan dengan baik.

Gladys Velonia
| 11 Desember 2017 16:07

Dream - Sahabat Dream sedang merencanakan kehamilan? Saat ingin memiliki keturunan memang banyak hal yang harus disiapkan. Mental sebagai hal yang utama setelah itu kondisi fisik, termasuk berat badan.

Jika saat ini sedang berusaha mendapat momongan, pastikan berat badan dalam level normal. Jangan sampai berat badan sangat rendah atau terlalu kurus. Endang L. Achadi, profesor di bidang kesehatan dan gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia menjelaskan ada pengukuran tertentu untuk tahu apakah fisik calon ibu sudah siap mengandung atau belum.

" Ibu tidak boleh terlalu kurus. Kalau ibu kurus tidak punya cadangan lemak, akan berpengaruh pada kesehatan bayi yang dikandungnya," ujar Endang di kampus Universitas UI, Depok, Jawa Barat, Senin 11 Desember 2017.

 Pengukuran fisik calon ibu menggunakan Lila

(Pengukuran fisik menggunakan Lila/ Foto: Gladys/ Dream)

Pengukuran fisik calon ibu agar tahu siap hamil atau tidak, dapat dilakukan dengan alat bernama Lila. Alat ini biasanya terdapat di posyandu atau puskesmas. Jika lengan sebelah kiri saat diukur menggunakan Lila memiliki lingkar kurang dari 23,5 ibu dianggap belum siap untuk mengandung.

" Jika ibu hamil terlalu kurus, dapat berbahaya bagi tumbuh kembang anak dalam kandungannya karena diprediksi sang ibu tidak memiliki kandungan gizi seimbang yang dibutuhkan tubuhnya dan tubuh sang bayi," kata Endang.

Lantas, berat berapakah yang ideal untuk seorang ibu yang ingin hamil?

" Untuk berapa berat badan ibu yang harus naik, itu tergantung ke bobot tubuh ibu itu sendiri. Kalau yang terlalu kurus, minimal naik 15 kilogram. Kalau yang tubuhnya normal, minimal 12,5 kilogram. Untuk ibu yang gemuk sekitar 6 kilogram naiknya sudah cukup," ungkap Endang.

Alasan Jessica Mila Putus Dengan Mischa Chandrawinata

Jangan Lewatkan