Trimester Aman Bagi Ibu Hamil Saat Jalani Puasa

Selalu konsultasikan dengan dokter kandungan demi kesehatan ibu dan bayi.

Mutia Nugraheni
| 7 Mei 2019 16:05

Dream - Memasuki Ramadan, para ibu hamil biasanya mengalami kegalauan. Apakah tetap menjalani puasa atau tidak? Untuk mencari tahu jawabannya, sangat penting memperhatikan kondisi tubuh serta janin.

Pasalnya, beberapa ibu ada yang memiliki tubuh sangat fit, kondisi janin pun dalam keadaan baik. Sehingga, menjalani ibadah puasa tidak akan menimbulkan masalah kesehatan.

Sementara ada ibu yang tidak terlalu fit saat hamil. Kondisi janinnya pun bermasalah. Dalam kondisi ini, ibu diperbolehkan tidak berpuasa. Juwalita Surapsari, seorang spesialis gizi, juga menyarankan bagi ibu hamil yang ingin berpuasa, konsultasi lebih dulu dengan dokter kandungan.

Biasany di trimester kedua dan ketiga kehamilan, ibu hamil aman untuk berpuasa. " Sebetulnya yang aman trimester dua dan tiga. Kalau trimester satu hanya kalau kondisinya memungkinkan artinya tidak ada keluhan," kata Juwalita saat ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari Liputan6.com.

Jika sudah disetujui oleh dokter, maka ibu hamil boleh berpuasa. Selain itu, status gizi ibu juga harus baik. Saat konsultasi dengan dokter, biasanya akan diberi pertanyaan juga seputar berat badan hingga indeks massa tubuh. Di sini, status gizinya bisa terlihat.

" Karena waktu puasa, tubuh memakai cadangan energi. Jadi status gizi yang baik mencerminkan cadangan energi yang cukup," kata dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Pondok Indah-Pondok Indah, Jakarta ini.

Selanjutnya :

Waspada Tekanan Darah Tinggi dan Diabetes Saat Hamil

Belajar Jadi Orangtua yang Lebih Baik di Fimelahood #MindfulParenting

Jangan Lewatkan