Trik Tandem Menyusui Mona Ratuliu, Bisa Jadi Inspirasi

Penasaran apa trik andalannya?

Mutia Nugraheni
| 15 Oktober 2021 10:36

Dream - Menyusui satu anak sudah jadi tantangan tersendiri bagi seorang ibu. Bangun tiap jam saat malam, payudara nyeri, hingga kurang tidur dan tubuh kelelahan. Apalagi menyusui dua anak di waktu yang bersamaan.

Mona Ratuliu, berusaha melakukannya. Ia memang hanya memiliki satu anak yang masih minum air susu ibu (ASI), tapi Mona juga menyusui keponakannya yang baru lahir, Balint. Ibunda Balint meninggal dunia karena Covid-19.

Tak tega keponakannya tak mendapat ASI, Mona pun berusaha membagi waktu dan tenaga untuk mengurus dan menyusui Balint. Akhirnya Mona menyusui Numa, anak bungsunya dan sang keponakan.

 Mona Ratuliu

Pertanyaan rupanya banyak datang padanya. Yaitu bagaimana tetap 'waras' menyusui dua anak atau tandem nursing, Mona pun punya jawaban sendiri.

" Gimana sih caranya tetap “ waras” saat mengasuh lebih dari 1 balita? Apalagi pakai menyusui tandem segala. Bingung jawabnya. Hehehe. Sampe browsing. Dan di hampir semua artikel, tips yang paling sering muncul adalah: 1. Istirahat yang cukup, 2 bahagiakan diri sendiri, 3. Sediakan waktu untuk me time," ungkap Mona dalam Instagramnya.

Menurut Mona hal itu bisa dilakukannya karena dukungan suami dan keluarganya. Ia pun memuji sang suami, Indra Brasco yang selalu turun tangan mengasuh anak mereka dan keponakannya.

" Ini tandanya kita musti punya support system. Suami yg bisa diandalkan dan bisa dititipin anak sementara istrinya istirahat sejenak jadi kunci sebenernya," ungkap Mona.

 

 

Selanjutnya :

Curhat Mona Ratuliu Urus 5 Anak Selama Pandemi

Panel 1 Energy Transition/Low Carbon Initiatives: Net Zero Emission in Upstream Oil and Gas

Jangan Lewatkan