Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Trik Nirina Zubir Ajarkan Kebersihan Pada Anak Lelakinya

Trik Nirina Zubir Ajarkan Kebersihan Pada Anak Lelakinya Nirina Zubir (Foto: Instagram Nirina)

Dream - Anak- laki-laki biasanya tak terlalu perhatian dengan penampilan dan kebersihan. Kadang malah sampai membuat orangtua geleng-geleng kepala karena terlalu tak peduli dengan kebersihan.

Nirina Zubir, presenter dan aktris yang memiliki satu anak lelaki, punya trik khusus mengajarkan kebersihan pada putranya. Ia menekankan kalau penampilan yang rapi dan bersih akan sangat mempengaruhi kepercayaan diri sang anak.

"Saya ajarkan ke anak saya yang kedua kalau laki-laki itu harus bersih, wangi dan sopan sama siapa aja. You don't choose your friend tapi take care of yourself," ujar ibu dua anak ini di Jakarta, beberapa waktu lalu.

 

Kebersihan Gigi

Selain itu, Nirina juga sangat tegas pada anak perihal kebersihan gigi. Ia selalu mengingatkan anaknya untuk menyikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur, serta mandi saat ingin pergi maupun pulang ke rumah.

"Harus sikat gigi setelah sarapan. Dan sikat gigi nggak harus ditekan banget, yang penting benar gerakannya dan nggak usah lama-lama," katanya.

 

Hadiah Jika Merawat Diri

Sang anak pun kini rajin merawat gigi dan bahkan tidak takut saat mencabut gigi. "Mereka nggak ada takut-takutnya. Yang cowok udah copot 2 giginya. Awalnya nggak takut, tapi begitu duduk akhirnya takut juga. Berarti dia nggak takut sama dokter gigi," ungkapnya.

Selain memberikan informasi dan menemani sang anak, pemain Keluarga Cemara ini juga memberikan hadiah jika sang anak menjaga kebersihan dan merawat dirinya dengan baik. Pasalnya kebersihan dan kerapian akan sangat mempengaruhi kepercayaan diri anak.

"Bertahap sih, awalnya dikasih es krim supaya mendinginkan gusi. Lalu dikasih hadiah. Tapi memang momentum aja. Yang penting mereka percaya diri dan comfortable," kata Nirina.

Wajib Tahu, Dasar Penting Merawat Gigi Anak

Dream - Kesehatan gigi masih dianggap sepele oleh banyak orang. Sampai akhirnya mengalami gigi berlubang, hingga sakit luar biasa, tak bisa makan, bengkak hingga tak bisa tidur.

Masalah gigi berlubang menurut sebuah penelitian diderita 3,5 miliar orang di dunia. Oleh karena itu, penting untuk tahu cara merawat gigi anak yang paling mendasar. Ratu Mirah Afifah, dokter gigi yang juga Head of Relationship Oral Care PT Unilever Indonesia, mengungkapkan cara menyikat gigi yang benar.

"Menggosok gigi sebaiknya dilakukan setelah sarapan pagi dan sebelum tidur selama 2 menit. Jadi, sisi kanan, kiri, atas, bawah, luar dan dalam masing-masing 30 detik. Disikatnya dengan gerakan memutar," kata Ratu di Agneya Restaurant, Jakarta Selatan, Selasa 23 Juli 2019.

Mulai usia 2 tahun

Sesuaikan pasta gigi dengan kebutuhan anak

Untuk mencegah terlalu banyak paparan fluoride, sebaiknya kadar pasta giginya disesuaikan dengan usia. Bagi bayi, biasanya pasta giginya seukuran bulir padi.

Pada anak-anak atau balita, pasta giginya sebanyak biji jagung dan diratakan ke seluruh bulu sikat. "Jangan lupa dipastikan semua bulu sikat terkena pasta gigi. Karena kan menyikatnya nggak hanya pakai ujung sikat," imbuhnya.

Pencegahan gigi berlubang juga bisa dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan manis, lengket, minuman berkarbonasi serta rajin ke dokter gigi.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Anak Baru Berani Buka Lemari Setelah 2 Tahun Ibu Meninggal, Langsung Nangis Lihat Isinya
Anak Baru Berani Buka Lemari Setelah 2 Tahun Ibu Meninggal, Langsung Nangis Lihat Isinya

Dia tidak kuat menahan kesedihan dan kerinduan karena banyak kenangan manis bersama ibunya.

Baca Selengkapnya
Latihan Penting Biar Anak Punya Kecerdasan Emosi yang Baik
Latihan Penting Biar Anak Punya Kecerdasan Emosi yang Baik

Anak yang cerdas secara emosi artinya mampu mengenali, merasakan dan mengelola emosinya.

Baca Selengkapnya
170 Kata-Kata Ibu untuk Anaknya, Berisi Pesan dan Nasehat Mendalam sebagai Parenting
170 Kata-Kata Ibu untuk Anaknya, Berisi Pesan dan Nasehat Mendalam sebagai Parenting

Nasehat dari orang tua kepada anaknya memiliki peran penting dalam membentuk karakter anak dan membantu mereka tumbuh dengan baik.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Pentingnya Mengajarkan Surat Pendek kepada Anak, Inilah 10 Bacaan yang Cepat Dihafalkan
Pentingnya Mengajarkan Surat Pendek kepada Anak, Inilah 10 Bacaan yang Cepat Dihafalkan

Mengajarkan surat pendek memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan dan pembentukan kepribadian dalam diri anak.

Baca Selengkapnya