Trik Mudah Mengenalkan Botol Dot Pada Bayi

Ada bayi yang langsung nyaman menggunakan dot tapi ada juga yang menolaknya.

Mutia Nugraheni
| 24 April 2017 17:06

Dream - Sejak lahir si kecil menyusu langsung ke payudara? Saat diberi dot bayi biasanya ia tak langsung menerima begitu saja. Respons yang muncul antara lain memainkan dot dengan lidahnya, berusaha memegang botol, atau menangis karena menginginkan payudara ibu.

Jika Anda ingin mengenalkan botol pada si kecil memang butuh waktu. Untuk pemberian ASI atau susu sebaiknya menggunakan gelas atau sendok, agar bayi tak bingung puting. Tapi jika Anda mencoba untuk menggunakan botol, coba terapkan cara ini.

Orang lain untuk melakukannya
Bayi memang lebih memilih menyusu langsung daripada botol. Sebaik-baiknya botol, tak akan mampu 'menandingi' kelembutan payudara. Jika si kecil rewel saat dikenalkan botol oleh Anda, coba minta orang lain yang melakukannya. Bisa ayah, nenek atau pengasuhnya.

Konsisten
Jika Anda berniat untuk mengenalkannya botol, lakukan dengan konsisten. Latih setiap hari, terutama jika cuti selesai dan Anda harus kembali bekerja. Jangan sampai bayi tak mau menyusu sama sekali karena tak langsung dari payudara.

Mulai dari yang kecil
Ketika mengenalkan botol untuk pertama kalinya, mulailah dari botol yang kecil karena Anda belum tahu seberapa banyak kebutuhannya dan kenyamanannya. Sayang sekali jika menggunakan botol besar dengan air susu yang banyak dan bayi tak mau banyak menyusu.

Coba terus
Jika pertama kali mencoba tidak berhasil, jangan menyerah. Beberapa bayi harus memakan waktu lebih lama untuk nyaman menggunakan botol. Cari dot yang lembut bagi mulut bayi. Kini juga banyak dot yang 'sistemnya' menyerupai pengisapan payudara ibu.


Laporan Gemma Fitri Purbaya


Sumber: The Spruce

 

 

 

 

Ini Layanan Internet 5G Pertama di Indonesia

Jangan Lewatkan