Trik Merencanakan Kehamilan Setelah Keguguran

Bukan hanya menyiapkan kondisi fisik tapi juga psikis.

Mutia
| 5 Agustus 2018 10:32

Dream - Mengalami keguguran merupakan hal yang cukup traumatis. Bukan hanya menimbulkan kesakitan secara fisik tapi juga psikologis. Terutama, pada pasangan suami istri yang sudah cukup lama mendamba keturunan.

Pada ibu yang mengalami keguguran memang sebaiknya menjalani proses pemulihan dulu sebelum kembali menjalani program kehamilan. Saat tubuh sudah pulih dan kondisi mental pun membaik, baru merencanakan kembali kehamilan.

Sebelumnya, berkonsultasilah dulu dengan dokter kandungan. Bisa meminta diagnosisnya mengapa keguguran bisa terjadi kehamilan sebelumnya. Hal ini penting sebagai evaluasi dan mencari langkah pencegahan.

" Keguguran bisa terjadi banyak faktor. Jika di dalam tubuh ibu terdapat infeksi yang bisa memicu keguguran, maka tunggu hingga infeksi sembuh baru rencanakan kehamilan. Bisa juga karena kondisi kekentalan darah dan hal itu harus dianalisis oleh dokter subspesialis. Berkonsultasilah secara lebih intensif," ujar Alice Domar, PhD, asisten profesor Obstetrics, Gynecology, and Reproductive Biology di Harvard Medical School.

Penting untuk menyiapkan kembali kondisi fisik, seperti berhenti merokok, berolahraga dan mengonsumsi asupan kaya gizi baik pada calon ibu maupun calon ayah. Hal yang tak kalah penting adalah menjaga kesehatan mental.

" Hindari stres, tidur cukup dan atasi dulu trauma yang muncul setelah keguguran sebelumnya. Kondisi psikis akan sangat berpengaruh secara keseluruhan," ujar Domar.

Ia juga menyarankan untuk pasangan kembali menjalani bulan madu. Hal ini untuk membuat rileks dan menyehatkan psikis. Selamat mencoba!

Sumber: Parents

 

Selanjutnya :

Persiapan Penting Saat Rencanakan Kehamilan di Usia 30

Nikita Mirzani Menghapus Semua Foto di Instagramnya

Jangan Lewatkan