Trik Bikin Sibuk Si Kakak Saat Ibu Menyusui Adik Kecil

Ibu sering 'terjebak' antara tangisan adik bayi dan teriakan kesal kakak.

Mutia
| 27 Februari 2017 16:02

Dream - Memiliki bayi sekaligus balita, ibu dan ayah memang harus pintar-pintar membagi waktu dan perhatian. Keduanya masih butuh pengawasan dan perhatian yang besar. Sementara banyak orang memberi perhatian lebih pada bayi, si kakak bisa jadi cemburu.

Rasa kesal si kakak bisa muncul jika sedang bermain dengan sang ibu, lalu si adik menangis ingin menyusu. Ibu pun sering 'terjebak' di antara tangisan adik bayi dan teriakan kesal kakak. Untuk berhadapan dengan situasi ini, ada beberapa trik yang bisa digunakan. Apa saja?

1. Puzzle, balok, crayon dan kertas
Ketiga permainan tersebut membutuhkan konsentrasi yang agak lama. Balita bisa duduk diam selama beberapa saat saat bermain puzzle, menata balok-balok atau menggambar di atas kertas. Selalu sediakan mainan di tempat yang mudah dijangkau. Saat bayi menangis, segera minta si kakak untuk bermain dengan mainan tersebut.

2. Permainan imajinasi
Anak kecil memiliki imajinasi tinggi dan senang bermain. Saat adik bayi menangis, bisa ajak si kakak untuk minum susu di cangkir plastik seperti layaknya pesta minum teh. Jadi ibu, kakak dan adik bisa minum bersama.

3. Gunakan gadget
Bukan menyuruh anak bermain gadget lalu ditinggal, tapi duduk bersama dan bermain atau bernyanyi bersama. Bisa juga minta si kakak berjoget dengan meniru gerakan dalam video di depan ibu dan adik. Ini seperti mengajaknya untuk menghibur adik dan ibunya yang sedang menyusu dan menyusui.

4. Bacakan buku
Sediakan buku-buku seru untuk diceritakan pada si kakak. Saat menyusui, Anda bisa membacakan buku tersebut. Adik bayi pun akan ikut mendengarkan. Sekali menyusui, kakak senang adik juga riang.


Laporan Gemma Fitri Purbaya

 

Sumber: Parent Society

 

Topik Terkait :

#KapanLagiChallenge - Tantangan Tora Dan Vino

Jangan Lewatkan