Trik Aman Mengonsumsi Teh Hijau Saat Menyusui

Studi pada 2013 membuktikan minum teh hijau baik untuk jantung.

Mutia Nugraheni
| 17 Juli 2018 19:43

Dream - Teh seperti juga kopi mengandung kafein yang cukup tinggi. Bagi ibu yang menyusui,  kafein pada makanan dan minuman patut diwaspadai.

Pasalnya jika level kafein yang masuk ke tubuh cukup tinggi, bisa memapari air susu kemudian diisap bayi.

Bayi yang mengisap ASI dengan level kafein tinggi bisa mengalami masalah tidur, jantung berdebar dan menjadi sangat rewel. Teh hijau dikenal memiliki banyak manfaat baik, mulai dari meningkatkan aliran darah hingga menurunkan kolesterol tubuh.

Studi pada 2013 juga membuktikan minum teh hijau baik untuk jantung. Mengingat manfaat baiknya, bolehkah ibu menyusui minum teh hijau?

Berdasarkan ketentuan American Academy of Pediatrics (AAP), konsumsi kafein pada ibu menyusui boleh-boleh saja, tapi dalam batas tertentu. Sebab, kadar kafein yang berlebihan dapat mengurangi kadar zat besi dalam ASI.

Ibu sebaiknya menghindari konsumsi makanan dan minuman berkafein tinggi jik masih menyusui bayi yang baru lahir. Bayi yang lahir prematur atau sakit menjadi relatif bermasalah dengan konsumsi kafein yang diminum oleh ibu menyusui.

“ Konsumsi kafein berlebihan oleh ibu menyusui juga dapat menyebabkan reaksi sensitif pada bayi, seperti mata yang membesar, tidak dapat tidur, hingga rewel yang tiada henti,” jelas dokter Jessica Florencia dari KlikDokter.

Dampak kafein pada ibu menyusui dapat menyebabkan kekurangan cairan. Padahal, saat menyusui, ibu yang kekurangan cairan berisiko mengalami penurunan produksi ASI.

Oleh sebab itu, minum teh hijau yang mengandung kafein sebaiknya dikurangi atau dihentikan. Jika sudah telanjur mengonsumsi teh hijau, ibu menyusui akan membutuhkan waktu beberapa hari hingga seminggu untuk menghilangkan kadar kafein di dalam ASI. Dengan demikian, si kecil pun berhenti rewel.

Untuk itu, ketika ibu menyusui yang ingin minum teh, sebaiknya pilihlah jenis teh yang tidak mengandung kafein, seperti beberapa jenis teh hijau herbal. Sebelum minum teh hijau, pastikan teh bebas kafein.

Cek sebelum membeli, apakah teh yang dikonsumsi aman untuk bayi. Beri jeda waktu antara minum teh dan menyusui. Batasi konsumsi teh maksimal dua gelas kecil dalam sehari.

Sumber: Novita Permatasari/ Liputan6.com

ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen

Jangan Lewatkan