Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Tika Ramlan Bagikan Trik Liburan Asyik Bareng Anak

Tika Ramlan Bagikan Trik Liburan Asyik Bareng Anak Tika Ramlan (Foto: Instagram Tika Ramlan)

Dream - Akhir tahun semakin dekat, banyak orang mulai mempersiapkan rencana liburan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi yang sudah berkeluarga. Tak terkecuali mantan personel T2, Kartika Yudia Ramlan.

Penyanyi yang akrab disapa Tika ini dikaruniai tiga orang anak setelah menikah dengan Tri Aji Raharso. Repot mengurus anak tak mengurangi semangat Tika untuk berlibur hingga ke luar negeri.

"Kalau kita memutuskan pergi berlibur sama anak-anak, pasti kepentingan kita (orang tua) harus dinomorduakan. Memang harus sabar, kadang yang paling kecil juga kan belum terlalu mengerti," ujar Tika saat ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

Agar liburan tetap menyenangkan, pelantun 'O Ya' memiliki sejumlah pesiapan sebelum melancong ke luar negeri. Hal pertama yang perlu dipastikan ketika hendak membawa si kecil adalah stroller.

 

Tika Lebih Suka Singapura dan Jepang

Menurut Tika, stroller portable yang ringan dan mudah dilipat akan sangat membantu ketika berlibur. Beberapa negara seperti Singapura dan Jepang juga memiliki tempat sewa stroller di sejumlah tempat.

"Kalau hotelnya memang harus dicari yang betul-betul nyaman. Ada beberapa hotel yang sempit dan lokasi tidak nyaman. Enggak apa-apa lebih mahal sedikit, jangan sampai anak cranky dan kita malah jadi ikut capek," kata artis 33 tahun itu.

Tika merekomendasikan untuk menyewa rumah jika berpergian dengan keluarga besar. Soal makanan, Tika dan keluarga cenderung tidak pemilih dan bisa menyesuaikan dengan kuliner setempat.

"Kita memang paling sering ke Jepang karena dia salah satu negara yang paling ramah untuk liburan bersama keluarga. Aman, bersih dan ada berbagai kegiatan di sana. Mulai dari adventure, shopping hingga wisata alam," imbuh pelantun 'Tak Jodoh' itu.

Bersiap untuk Liburan Panjang? Selalu Bawa Mainan untuk Si Kecil

Dream - Traveling bersama keluarga menjadi pilihan menyenangkan untuk menyambut libur akhir tahun. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Sahabat Dream yang memiliki anak, terutama di usia balita.

Perjalanan panjang bisa membuat si kecil bosan dan cepat rewel. Apalagi jika anak dihadapkan dengan suasana baru serta kumpulan orang asing. Untuk mengatasinya, ayah ayah dan ibu bisa mengandalkani mainan untuk dibawa saat traveling.

"Dengan membawa mainan, anak akan punya sesuatu yang bikin dia merasa nyaman dan aman. Apalagi jika pergi ke tempat baru dan bertemu orang baru," papar Febiana Pratomo, M.Psi, Psikolog Klinis Anak dari Rumah Dandelion di Jakarta, Selasa 12 November 2019.

Ketika anak merasa risih dan mulai rewel, ajak si kecil ke tempat lebih tenang dan keluarkan mainan yang telah dibawa. Jika perlu, luangkan sedikit waktu untuk bermain bersama anak hingga ia merasa tenang.

 

Pilih Mainan Favorit atau Mainan Baru

Jangan terlalu banyak membawa mainan. Pilih mainan favorit si kecil yang biasa dimainkan untuk membuatnya lebih rileks.

Pastikan mainan berbobot ringan dan praktis serta tidak terdiri dari beberapa bagian. Tujuannya agar mainan tidak tercecer dan tertinggal di tempat liburan.

"Selain mainan lama, bisa juga berikan surprise memakai mainan baru. Itu biasanya untuk menyiasati kalau dia bosan, misalkan di perjalanan yang memakan waktu lama," jelasnya.

 

Mainan Anak untuk Libur Akhir Tahun

Menjelang libur akhir tahun, ELC (early learning center) meluncurkan 50 mainan edukatif yang telah didesain dan disesuaikan dengan usia dan kebutuhan si kecil.

Koleksi terbagi atas usia dan kategori, yaitu Baby, Toddler, Sport & Outdoor Activity, Imagination, Learning & Creativity untuk bayi sampai anak-anak.

"Beberapa mainan favorit anak-anak diantaranya Micro Mini 2 Go Deluxe, Medical Case, Pirate Ship dan Sit Me Up Bunny dan masih banyak lainnya," kata Vasudev Kataria, Senior VP Mothercare & ELC.

Buat Agenda Rutin Liburan Bersama Si Kecil, Rasakan Efeknya

Dream - Tren liburan semakin marak di keluarga milenial. Banyak orangtua yang tak segan menyisihkan anggaran khusus dan berlebih untuk berlibur. Liburan memang bukan kebutuhan utama, tapi sebaiknya selalu diagendakan.

Pasalnya, efek liburan bagi keluarga khususnya anak-anak begitu besar. Bukan hanya membuat mereka senang tapi juga memberi banyak pelajaran yang tidak didapatkan di sekolah.

"Ketika menginjak 5 tahun, anak berada di tahap di mana mereka harus belajar mengenai bagaimana 'dunia' dan 'lingkungan' bekerja. Hal itu lebih efektif dilakukan dengan pengalaman langsung, yaitu traveling," Nadya Pramesrani, seorang psikolog dalam acara Hilo School Drawing Competition di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 17 Januari 2019.

Saat berlibur, anak akan keluar dari zona nyaman. Buah hati bakal mendapat banyak stimulus berupa hal asing yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

Nadya mengatakan, eksplorasi itulah yang memicu rasa penasaran pada anak. Mereka akan mulai terlatih menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

"Pengetahuan anak yang sering diajak traveling tidak sama dengan anak yang tidak pernah di-ekspose ke lingkungan baru. Bisa mempengaruhi problem skill, kreatifitas dan keberanian untuk berinteraksi dengan orang lain," paparnya.

Liburan juga menjadi momen bonding antara orangtua dan anak. Hubungan yang erat akan meminimalisir terjadinya cekcok dengan orang tua ketika ia menginjak remaja.

Sangat dianjurkan untuk mengajak anak berlibur setidaknya 2-3 kali dalam setahun. Jenis liburan terbaik yang dapat dilakukan adalah wisata alam.

"Pilihan liburan yang berada di alam bisa meningkatkan kemampuan fisik dan daya tahan tubuh. Angka gangguan konsentrasinya pun akan lebih kecil dibanding dengan anak yang terlalu sering berada di dalam ruangan," pungkasnya.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Bebas Ribet, Cara Siapkan Makanan untuk Si Kecil Saat Traveling

Bebas Ribet, Cara Siapkan Makanan untuk Si Kecil Saat Traveling

Buat orangtua yang berencana jalan-jalan akhir pekan, biar tak kesulitan siapkan makanan bayi, coba saja trik ini.

Baca Selengkapnya
Anak Baru Berani Buka Lemari Setelah 2 Tahun Ibu Meninggal, Langsung Nangis Lihat Isinya

Anak Baru Berani Buka Lemari Setelah 2 Tahun Ibu Meninggal, Langsung Nangis Lihat Isinya

Dia tidak kuat menahan kesedihan dan kerinduan karena banyak kenangan manis bersama ibunya.

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Simak dan ikuti cara memilih susu untuk menaikkan berat badan anak, agar gizi anak tetap seimbang dan terpenuhi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

Jangan sia-siakan malam tahun baru yang seru hanya karena perut tak nyaman akibat kembung, ikuti tips-tips ini.

Baca Selengkapnya
Alasan di Balik Larangan Ikat Rambut Berwarna untuk Anak SD di Jepang

Alasan di Balik Larangan Ikat Rambut Berwarna untuk Anak SD di Jepang

Orangtua sampai ditelepon pihak sekolah jika anaknya kedapatan pakai kunciran warna-warni.

Baca Selengkapnya
10 Rekomendasi Mukena Anak Terbaru 2024, Cocok untuk Tampil Cantik saat Lebaran

10 Rekomendasi Mukena Anak Terbaru 2024, Cocok untuk Tampil Cantik saat Lebaran

10 rekomendasi mukena anak terbaru 2024 yang cocok buat Lebaran, dijamin tampil makin cantik.

Baca Selengkapnya
55 Kata-Kata Anak Rantau di Bulan Ramadhan, Bikin Sedih dan Rindu Keluarga

55 Kata-Kata Anak Rantau di Bulan Ramadhan, Bikin Sedih dan Rindu Keluarga

Di balik kehidupan mereka yang tampak ceria dan berhasil di kota besar, anak-anak rantau selalu terbayang kenangan manis bersama keluarga di kampung halaman

Baca Selengkapnya