Testis Bisa Juga Kena Varises yang Bikin Sulit Hamil

Bisa terjadi karena ada kelainan pada kantong pembungkus testis.

Mutia Nugraheni
| 9 Maret 2017 17:59

Dream - Pasangan yang sedang berusaha mendapat keturunan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh. Bukan hanya istri, tapi juga suami sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Bisa dokter urologi atau dokter spesialis kesuburan.

Pasalnya, kehamilan bisa saja tak berhasil karena terdapat masalah di sistem reproduksi pria. Salah satu masalah penghambat kehamilan yang banyak terjadi pada pria yaitu varises testis atau sering disebut varikokel. Kondisi ini bisa terjadi karena ada kelainan pada kantong pembungkus testis.

Pria yang mengalami varises testis mengalami pelebaran pembuluh vena yang mengakibatkan penumpukan darah di testis. Efeknya, suhu pada skrotum pun meningkat dan bisa melemahkan bahkan dapat mematikan sel-sel sperma sehingga tak mampu membuahi sel telur.

" Sebagian besar kasus varikokel tak ada gejal. Jika ada gejala biasanya akan terasa tak nyaman atau nyeri di bagian skrotum. Rasa nyerinya pun tidak ekstrem. Bisa terjadi setelah duduk terlalu lama atau setelah berdiri dan beraktivitas fisik berat. Kadang nyeri muncul saat malam sebelum tidur," kata dr. Paul Turek,  urolog asal AS, seperti dikutip dari The Turek Clinic.

Varikokel ini hanya bisa diketahui melalui pemeriksaan medis dan bisa diatasi dengan teknik bedah mikro. Diperlukan juga terapi untuk memperbaiki produksi kualitas sel sperma agar memiliki kemampuan yang baik dalam membuahi sel telur yang telah matang. Sangat dianjurkan bagi pria untuk melakukan pemeriksaan jika sudah satu tahun berhubungan seksual tanpa pengaman, tapi pasangan tak kunjung hamil.


Sumber: Jurnal Program Nutritalk

 

9 Potret Aquene, Putri Sultan Djorghi yang Hafal Al-Quran

Jangan Lewatkan