Ternyata Ada 4 Sindrom Langka yang Terjadi Pada Ibu Hamil

Ketahui gejalanya, dan tak boleh diabaikan.

Mutia Nugraheni
| 17 Februari 2021 08:03

Dream - Menjaga kehamilan bagi beberapa ibu bukanlah hal mudah. Keluhan fisik kerap terjadi, belum lagi level kecemasan dan stres meningkat drastis. Memang, masalah kehamilan bisa saja terjadi dan tak terdeteksi di trimester pertama kehamilan.

Hal yang juga penting diketahui adalah sindrom langka pada ibu hamil dan tak mudah untuk dideteksi. Dikutip dari KlikDokter, di antara berbagai sindrom langka tersebut, ada pula yang mengancam nyawa ibu.

Kenali sindrom tersebut agar ibu hamil lebih waspada dan penanganannya tidak terlambat.

Mirror syndrome
Mirror syndrome cukup dikenali masyarakat karena merenggut janin kembar artis Irish Bela. Sindrom ini dikenal juga sebagai triple edema karena menyebabkan bengkak akibat penumpukan cairan pada tubuh baik bagi dua janin yang kembar dan juga bagi ibu.

Gejala dari mirror syndrome yaitu bengkak yang parah, tekanan darah tinggi pada ibu, kenaikan berat badan yang signifikan dalam waktu yang cepat dan adanya protein pada urine. Penyebab pasti dari mirror syndrome masih tidak diketahui karena penyakit ini sangat jarang.

Mirror syndrome berhubungan dengan kondisi fetal hydrops. Ini adalah pembengkakan pada janin akibat janin tidak dapat meregulasi cairan tubuh sehingga cairan menumpuk pada janin.

Penumpukan dapat terjadi pada bawah kulit, perut, paru-paru atau jantung. Berbagai kondisi yang dapat menyebabkan fetal hydrops seperti gangguan jantung, kelainan metabolik, anemia, infeksi dan kelainan genetik.

 

Selanjutnya :

Hiperemesis gravidarum

Vaksinasi Salah Satu Metode Mengatasi Pandemi, Bertujuan untuk Mencapai Kekebalan Komunitas

Jangan Lewatkan