Terlalu Banyak Mainan Malah Bisa Lemahkan Eksplorasi Anak

Berikan mainan secukupnya, itu jauh lebih baik.

Mutia Nugraheni
| 14 Desember 2020 08:02

Dream - Membelikan mainan untuk anak-anak jadi kepuasan tersendiri bagi orangtua. Terutama jika anak merengek sangat menginginkannya atau sudah berbulan-bulan mengharapkannya. Kita juga kerap memberikan mainan untuk menenangkan, saat ulang tahun atau hadiah kecil saat ia bersikap baik.

Tanpa disadari, rumah sudah sangat penuh mainan. Jumlahnya bahkan bisa dibilang berlebihan. Faktanya menurut penelitian, mainan lebih sedikit lebih baik bagi anak. Tim dari University of Toledo di Ohio melakukan penelitian terhadap 36 balita, usia 18 hingga 30 bulan.

Anak-anak diminta ke ruang bermain pada dua kesempatan. Pada kunjungan pertama, ruangan hanya dilengkapi empat mainan. Pada kunjungan kedua, ruangan memiliki 16 mainan.

Hasilnya, balita secara fisik menyentuh lebih banyak mainan selama kunjungan mereka kedua yang lebih banyak mainan. Sementara di kunjungan pertama, anak lebih banyak terlibat dalam aktivitas. Di sana, mereka bermain dua kali lebih lama dengan setiap item — dan bermain dengan satu item dengan lebih banyak cara.

 

Selanjutnya :

Melemahkan Keinginan Eksplorasi

Peran SBY Saat Main Film" The Tomorrow War" Bareng Chris Pratt

Jangan Lewatkan