Terapkan Hal Ini Demi Cegah Obesitas Pada Anak

Banyak orangtua yang menganggap adalah hal wajar jika anak-anak memiliki tubuh yang gemuk. Padahal...

Mutia
| 15 Mei 2018 10:02

Dream - Kebiasaan hidup sehat sebaiknya diajarkan sejak dini. Mulai dari kebiasaan makan di rumah juga aktivitas fisik yang teratur. Saat ini kasus obesitas yang melanda anak-anak cukup mengkhawatirkan.

Banyak orangtua yang menganggap adalah hal wajar jika anak-anak memiliki tubuh yang gemuk. Padahal bisa jadi sang anak mengalami obesitas yang mengancam kesehatannya secara jangka panjang.

Bermain gadget secara berlebih, kurangnya aktivitas fisik, lalu sering mengonsumsi makanan berlemak dan berkadar gula tinggi jadi penyebab utamanya. Peran orangtua sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadi obesitas pada anak-anak.

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mencegah obesitas?

- Batasi televisi dan gadget
Anak-anak yang menonton televisi dan bermain gagdet cenderung malas bergerak. Mereka lebih menikmati tontonan dan malas untuk bermain di luar rumah, seperti main bola, berlarian atau main sepeda. Padahal aktivitas fisik sangat dibutuhkan anak untuk perkembangan fisik dan motorik anak.

- Hindari menyediakan camilan kaya gula dan garam
Cokelat, cracker gurih serta makanan kemasan kaya gula dan garam, sebaiknya jangan distok. Lebih baik sediakan makanan sehat seperti buah, yogurt atau jeli buatan sendiri.

- Kenalkan dengan banyak makanan baru
Anak-anak kadang malas mencoba makanan dengan rasa yang baru. Namun jangan menyerah begitu saja. Kenalkan si kecil pada beragam makanan terutama yang sehat. Membiarkannya hanya menyukai satu makanan saja cenderung membuatnya menjadi pemilih dan makan berlebihan.

- Batasi camilan
Jangan memberikan camilan tanpa batas. Batasi terutama menjelang waktu makan. Camilan yang berlebihan akan membuatnya kenyang dan malas untuk makan. Hal tersebut juga berdampak buruk pada pola makannya.


Sumber: Fatherly

 

Q&A Marcello Tahitoe - Sampah Sampah Dunia Maya

Jangan Lewatkan