Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Terapkan 3 Kebiasaan Sederhana Ini untuk Jaga Kesehatan Keluarga

Terapkan 3 Kebiasaan Sederhana Ini untuk Jaga Kesehatan Keluarga Sumber: Shutterstock

Dream - Setiap orangtua pastinya memiliki cara sendiri untuk mengajarkan pola hidup sehat kepada buah hati. Khususnya di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini.

Proses berpindahnya kuman dan virus bisa berlangsung dengan cepat, baik dari orang ke orang lainnya atau memang dari benda yang sudah terkontaminasi.

Jika sudah masuk ke bagian dalam tubuh, ada kemungkinan mereka akan mengganggu sistem imun atau kekebalan tubuh.

Menjaga kebersihan menjadi hal paling penting dalam menghindari penularan virus, kuman atau bakteri. Hal ini dapat dilakukan dari lingkup terkecil yaitu keluarga.

Dettol

“Kalau sanitasi pada lingkup keluarga dijaga dengan baik, saya yakin akan melahirkan keluarga yang sehat dan juga lingkungannya,” dr. Daeng Faqih, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pada konferensi virtual Dettol Keluarga Sehat Indonesia Kuat, Agustus 2021.

Keluarga merupakan unit pertama setiap orang. Jika semua keluarga sehat, lingkungan juga akan sehat.

Dettol baru saja menggelar program ‘Keluarga Sehat Indonesia Kuat’ yag dihadirkan untuk mengajak masyarakat menerapkan tiga kebiasaan sehat sederhana berikut. Yuk simak.

Mencuci Tangan dengan Sabun Antibakteri

Sebanyak 80 persen penularan kuman terjadi melalui tangan. Hal ini wajar terjadi karena tangan menjadi bagian tubuh untuk memegang banyak hal. Jangan lupa cuci tangan sebelum makan, pulang dari luar rumah, selesai memakai toilet, dan saat mandi.

Dettol

“Jika kita sudah mencuci tangan maka virus yang menempel di tubuh sudah berkurang hingga 50 persen. Karena memang kuman terbanyak ada pada tangan,” ujar dr. Daeng.

Jika keluar rumah lalu kembali, Sahabat Dream tetap harus mandi untuk memastikan tidak ada virus dari luar rumah yang masih menempel di tubuh.

Mandi Setelah Beraktivitas

Setelah beraktivitas di luar, hal pertama yang harus dilakukan saat pulang ke rumah adalah mandi.

“Kalau pulang kerumah, kalau bisa lepas jaket dan langsung letakan di tempat cucian. Lalu ketika ingin bertemu anak, mandi dulu. Pastikan kuman dari luar tidak kita bawa ke rumah,” ujar dr. Daeng.

Meskipun hanya keluar rumah sebentar, mandi tetap harus dilakukan karena durasi yang singkat tak dapat menjamin tubuh tidak terpapar oleh virus.

Pakaian tertutup pun tidak menjakin kamu tidak terpapar virus, sebaiknya tetap mandi setelah pulang ke rumah.

Dettol

“Aku dan keluarga punya kebiasaan kalau dari luar harus buka semua jaket, lalu cuci tangan dan langsung mandi dan keramas,” kata Dian Sastro pada kesempatan yang sama.

Mendisinfeksi Rumah, Lingkungan Kerja dan Ibadah

Shutterstock

Selain mencuci tangan dan membersihkan seluruh tubuh setelah beraktivitas. Membersihkan hunian juga harus dilakukan membunuh kuman penyebab penyakit

Semprot disinfektan pada rumah secara teratur meski rumah tampak bersih. Beberapa virus bisa bertahan hidup di permukaan hingga berminggu-minggu. Maka dari itu, penting untuk membersihkan rumah secara rutin.

“Rutin bersihkan dan disinfektan rumah, tempat belajar dan tempat ibadah juga. Lalu pada bagian-bagian yang sering disentuh seperti gagang pintu, gadget, laptop dan HP,” ujar dr. Daeng.

Sejalan dengan hal ini Dettol memberikan edukasi rutin dan akses berkelanjutan agar memperkuat perilaku kebiasaan sehat yang dapat dimulai dari keluarga.

Mulai Gerakan Keluarga Sehat

Bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan tokoh masyarakat lainnya, Dettol ingin melibatkan seluruh keluarga Indonesia untuk berkomitmen menerapkan tiga kebiasaan ini.

Dettol

“Kami percaya bahwa setiap anggota keluarga memegang peranan penting untuk melindungi satu sama lain dari segala jenis virus atau penyakit. Mulai dari langkah kecil, kita bisa menciptakan perubahan untuk keluarga yang lebih sehat dan mencapai bangsayang lebih kuat,” kata Srinivasan Appan, General Manager Reckitt Indonesia. (mut)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Lakukan Hal-hal Ini untuk Menjaga Hubungan yang Langgeng Bersama Pasangan!

Lakukan Hal-hal Ini untuk Menjaga Hubungan yang Langgeng Bersama Pasangan!

Ini adalah rahasia menjaga hubungan agar tetap langgeng. Yuk, simak baik-baik!

Baca Selengkapnya
Lakukan 4 Langkah untuk Jaga Kesehatan Otak, Investasi untuk Masa Tua

Lakukan 4 Langkah untuk Jaga Kesehatan Otak, Investasi untuk Masa Tua

Menjaga kesehatan otak adalah cara kunci untuk menjaga otak tetap berkerja dengan baik. Coba tips menjaga kesehatan otak berikut.

Baca Selengkapnya
Tips Ampuh untuk Memperpanjang Umur dan Meningkatkan Kesehatan

Tips Ampuh untuk Memperpanjang Umur dan Meningkatkan Kesehatan

Umur panjang dan badan bugar menjadi dambaan setiap orang. Ubah pola hidup agar mendapat umur yang panjang dan tubuh sehat.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Langkah-Langkah Menjaga Kesehatan Mata, Suka Disepelekan Namun Dampaknya Besar

Langkah-Langkah Menjaga Kesehatan Mata, Suka Disepelekan Namun Dampaknya Besar

Menjaga kesehatan mata tidak hanya bisa dilakukan dengan menjaga asupan makanan setiap hari. Kamu juga bisa melakukan upaya lain untuk menjaga mata tetap sehat.

Baca Selengkapnya