Telat Datang Bulan Tak Selalu Hamil, Bisa Jadi...

Ada banyak faktor yang mempengaruhinya.

Mutia Nugraheni
| 10 Desember 2018 08:12

Dream - Bagi pasangan yang sedang mendambakan keturunan, telat datang bulan kerap membuat deg-degan. Harapannya, kehamilan terjadi dan menstruasi tak datang.

Tapi sayangnya, telat menstruasi bukan jaminan hamil. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya.

Bukan hanya karena kondisi fisik tapi juga psikologis. Cari tahu alasannya mengapa menstruasi kerap datang terlambat.

Kontrasepsi
Jika Anda menggunakan kontrasepsi dari jenis pengendalian hormonal, seperti pil dan suntik, datang bulan yang terlambat merupakan hal yang sering terjadi. Itu adalah salah satu efek sampingnya.

Obat-obatan
Obat-obatan tertentu, terutama yang dikonsumsi secara rutin juga akan sangat mempengaruhi stabilitas hormon. Salah satu efeknya menstruasi jadi tidak teratur. Biasanya obat yang memicu siklus haid berantakan adalah obat tiroid, steroid, dan antipsikotik (obat untuk gangguan mental).

Olahraga intensif
Jangan meremehkan dampak yang bisa ditimbulkan oleh aktivitas berat seperti latihan yang intensif pada tubuh. Pada beberapa orang, olahraga ini langsung berdampak pada kerja hormon dan mempengaruhi siklus datang bulan.

Stres
Melalui masa-masa sulit seperti perceraian atau kematian orang yang dicintai juga berdampak pada kondisi fisik. Perubahan rutinitas yang mendadak dan berdampak signifikan akan sangat mengganggu keseimbangan hormonal dan bisa membuat datang bulan tidak teratur.

Penurunan berat badan yang ekstrem
Kehilangan banyak berat badan dapat menurunkan produksi estrogen dan membuat menstruasi lebih ringan atau tidak muncul sama sekali. Di sisi lain, peningkatan lemak tubuh juga dapat mengubah tingkat estrogen dan menyebabkan terlambat datang bulan

Laporan Ava Haprin/ Sumber: GoodHouseKeeping

Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis

Jangan Lewatkan