Takut Nyeri Kontraksi Persalinan? Coba Prosedur Epidural

Merupakan anastesi lokal yang bisa menurunkan level nyeri kontraksi saat persalinan.

Mutia
| 10 Mei 2018 08:28

Dream - Kontraksi merupakah hal yang ditunggu-tunggu para ibu hamil yang bakal menghadapi persalinan. Rasa kencang dan nyeri di bagian perut dan punggung ini merupakan pertanda awal proses melahirkan

Meskipun jadi hal yang paling ditunggu, tapi kontraksi menimbulkan sensasi rasa nyeri yang luar biasa. Level toleransi rasa sakit tiap orang berbeda-beda. Pada ibu yang memiliki toleransi rasa sakit yang rendah, nyeri kontraksi bisa membuatnya sangat tersiksa.

Dalam kondisi tersebut sebenarnya ada hal yang bisa dilakukan untuk meredakannya yaitu suntikan epidural. Suntikan ini merupakan anastesi lokal yang diberikan oleh dokter anastesi untuk menurunkan level rasa nyeri kontraksi.

Berupa suntikan di bagian punggung dan diberikan pada ibu yang akan bersalin. Namun epidural bukan prosedur wajib atau standar, sebelumnya harus dikonsultasikan dulu dengan dokter kandungan yang menangani persalinan.

Pada persalinan normal, prosedur epidural biasanya diberikan ketika bukaan mencapai 4 atau 5 cm. Setelah diberikan, level nyeri akan berkurang secara signifikan. Ibu pun jadi bisa beristirahat dan fokus.

Ketika bukaan sudah lengkap, energi yang ada untuk mendorong jadi lebih maksimal. Untuk itu buatlah rencana persalinan dengan detail kemudian bicarakan dengan dokter Anda jika memiliki rencana untuk prosedur epidural. Konsultasi sangat dibutuhkan karena ada beberapa kondisi medis di mana seorang ibu tak boleh diberikan suntikan epidural.

Sumber: Momjunction

 

Penyebab Meninggalnya Adara Taista, Menantu Hatta Rajasa

Jangan Lewatkan