Tak Perlu Panik Saat Muncul Varises Saat Hamil

Ketahui fakta seputar varises saat hamil.

Mutia Nugraheni
| 10 Oktober 2021 10:38

Dream - Banyak wanita mengalami varises untuk pertama kalinya saat hamil. Ini adalah kondisi yang sangat umum dan terjadi pada sekitar 70-80 persen pada ibu hamil.

Kondisi varises memang sangat terlihat di betis dan kaki dan kadang terasa sakit, tapi hal ini sebenarnya tak membahaya ibu maupun bayi. Ada sejumlah alasan mengapa varises lebih sering terjadi selama kehamilan.

Sebagian besar karena tekanan dan berat tambahan bayi dan juga efek dari hormon kehamilan. Biasanya, varises ibu akan mereda setelah anak berusia satu tahun.

Apa sebenarnya varises itu?
Varises adalah gejala katup yang tidak efisien di pembuluh darah kaki. Idealnya, katup bekerja dalam arah satu arah dan menutup dengan kuat saat darah dipompa kembali ke kaki ke jantung.

Jika katup tidak menutup darah ke arah atas yang dibutuhkan, darah menggenang di kaki, menyebabkan pembuluh darah menonjol. Inilah yang menyebabkan munculnya bintik-bintik biru/ungu yang jelas dan munculnya gumpalan yang merupakan ciri khas dari varises.

Varises memang lebih sering terjadi di kaki, tapi juga bisa terjadi di vulva dan rektum atau wasir. Penyebabnya sama meskipun gejalanya berbeda.

 

Selanjutnya :

Perawatan varises saat hamil

Dreamitie Online Meet Up

Jangan Lewatkan