Tak Disangka, Daun Kol Efektif Redakan Nyeri Menyusui

Banyak cara untuk mengatasi rasa nyeri saat menyusui.

Mutia Nugraheni
| 26 Desember 2018 10:09

Dream - Awal-awal menyusui sebagian besar perempuan akan mengalami rasa sakit. Muncul rasa ngilu karena kelenjar susu yang membengkak karena produksi ASI. Belum lagi nyeri di bagian puting.

Kondisi ini memang sangat menyiksa, tapi menyusui harus tetap dilakukan. Bayi perlu asupan gizi dan payudara perlu 'dilatih' agar terbiasa. Banyak cara untuk mengatasi rasa nyeri saat menyusui.

Cara yang lazim adalah menggunakan krim atau mengonsumsi obat pereda nyeri. Namun ada lagi satu yang wajib dicoba, yaitu mengompresnya dengan daun kol lebar yang sudah didinginkan di kulkas.

Hal ini bahkan diteliti dalam sebuah studi berjudul The Effectiveness of Cabbage Leaf application (treatment) on Pain and Hardness in Breast Engorgement and its Effect on the Duration of Breastfeeding.

Dalam jurnal yang diterbitkan pada US National Library of Medicine National Institutes of Health pada 2012, percobaan pertama menunjukkan, lebih sedikit ibu yang melaporkan pembengkakan payudara.

Cara yang dilakukan adalah dengan mengompres payudara sepanjang malam. Hasil temuan, mengkompres payudara mampu kurangi skor nyeri. Artinya, ada penurunan yang signifikan secara statistik dalam skor nyeri dari 1,8 poin (30 persen) dengan daun kol.

Sebanyak 18 persen ibu menyusui mengkompres payudara pakai daun kol secara eksklusif selama menyusui, yakni enam minggu. Perawatan daun kol pada ibu menyusui efektif mengurangi pembengkakan payudara.

Selain mengurangi pembengkakan dan nyeri pada payudara, hasil studi juga menunjukkan, ada peningkatkan durasi menyusui. Menyusui jadi lebih lama sehingga kebutuhan Air Susu Ibu (ASI) pada bayi tercukupi.

Laporan Fitri Haryanti Harsono/ Liputan6.com

 

Belajar Jadi Orangtua yang Lebih Baik di Fimelahood #MindfulParenting

Jangan Lewatkan