Tak Disangka, 3 Hal Ini Bisa Berdampak Buruk Pada Kesuburan

Sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan berikut demi menjaga level kesuburan.

Mutia Nugraheni
| 19 April 2018 12:05

Dream - Kondisi kesehatan reproduksi seseorang bukan hanya ditentukan oleh faktor bawaan. Tapi juga kebiasaan dan gaya hidup. Biasanya masalah pada reproduksi baru diketahui setelah menikah yaitu ketika kehamilan tak kunjung terjadi.

Penyebab masalah kesuburan dan reproduksi memang multifaktor. Tapi ada 3 hal yang sering tak disadari, ternyata memicu ketidaksuburan. Sebaiknya hindari tiga kebiasaan ini.

- Terlalu banyak konsumsi ibuprofen
Ibuprofen merupakan obat bebas yang mudah dibeli di mana pun. Biasanya dikonsumsi untuk meredakan rasa nyeri. Namun menurut penelitian yang dipublikasi dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, terungkap kalau pria yang rutin mengonsumsi obat ini dalam keseharian bisa mengalami hypogonadism. Yaitu masalah hormon yang memicu ketidaksuburan.

- Kekurangan iodin
Menjaga bobot tubuh dalam level normal adalah satu cara untuk meningkatkan kemungkinan hamil pada perempuan. Dalam mengatur pola makan agar berat badan tetap normal, perhatikan juga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan Anda mendapat asupan iodin dengan dengan optimal.

Pasalnya, kekurangan iodin akan meningkatkan risiko penyakit tiroid yang akan berdampak buruk pada kesuburan. Sahabat Dream bisa mengonsumsi makanan kaya iodin seperti yogurt, stroberi, telur rebus, pisang, dan rumput laut agar zat iodin dalam tubuh terpenuhi.

- Terlalu banyak konsumsi soda
Minuman bersoda dingin memang sangat nikmat. Apalagi dinikmati saat panas. Namun jangan mengonsumsinya berlebihan. Sebuah studi yang dipublikasi dalam American Journal of Epidemiology menemukan, minum satu atau lebih minuman bersoda setiap hari akan mengurangi kesuburan. Hal ini karena kandungan gula dalam minuman tersebut sangat tinggi. Lebih baik cari minuman yang lebih sehat dan segar seperti infused water atau jus buah asli.


Sumber: PopSugar

Merawat Warisan [TEASER]

Jangan Lewatkan