Tak Cuma Usia Ibu, Kondisi Bayi Juga Dipengaruhi Umur Ayah

Bayi yang lahir dari ayah yang tua lebih mungkin mengalami masalah kesehatan.

Mutia
| 8 November 2018 14:13

Dream - Selama ini banyak yang menganggap usia ibu akan sangat berpengaruh pada kesehatan janin yang dikandungnya. Ternyata bukan hanya usia ibu yang berperan, tapi juga usia ayah.

Salah satu artikel ilmiah yang dipublikasikan British Medical Journal mengungkap, bayi yang lahir dari ayah yang tua lebih mungkin mengalami masalah kesehatan. Mulai dari kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan masalah pernapasan.

Penelitian ini dilakukan oleh Direktur Reproduksi Pria dari Stanford University Medical Center, California, Amerika Serikat, Michael Eisenberg. Ia meneliti menggunakan data National Vital Statistics System terhadap 40 juta kelahiran di Amerika Serikat dari 2007-2016.

Kemudian, ia membagi para ayah dalam lima kelompok usia. Yakni di bawah 25 tahun, 25 - 34, 35-44, 45-54 dan lebih tua dari 55 tahun. Peneliti juga memperhitungkan usia ibu juga dalam hal ini.

Hasilnya, semakin tua usia ayah semakin tinggi masalah kesehatan pada bayi. Bayi yang lahir dari ayah di atas 45 tahun dibandingkan dengan ayah berusia 25-34, kemungkinan anak lahir prematur 14 persen lebih tinggi.

Lalu, bayi yang lahir dari ayah 55 tahun memiliki skor yang rendah pada tes Apgar, ini adalah tes untuk mengukur kesehatan bayi baru lahir seperti denyut jantung, napas, dan refleks. Efeknya, berisiko 10 persen lebih tinggi membutuhkan bantuan pernapasan dan 28 persen kemungkinan dirawat di neonatal intensive care unit (NICU).

Peneliti berkesimpulan hal tersebut berkaitan erat dengan kondisi sel sperma. Produksi sperma pria terus dibuat yang berarti ada sel-sel yang secara konstan membarui dan membelah. Namun, kadang-kadang proses pembaharuan sel-sel berjalan tak tepat.

Semakin tua, semakin banyak mutasi sel yang terjadi dan semakin besar peluang mewariskan mutasi yang berbahaya seperti disampaikan Eisenberg. " Selama ini, risiko itu kerap datang dari wanita usia tua, tapi saya rasa dengan data ini menunjukkan usia pria juga memengaruhi kesehatan bayi," kata Eisenberg.

Sumber: Benekdita Desideria/ Liputan6.com

Sandi Berziarah ke Makam Habib Abdurrahman Al-Habsyi

Jangan Lewatkan