Tak Boleh Panaskan ASI dengan Microwave, Ketahui Alasannya

Cara yang direkomendasikan untuk menghangat ASI adalah dengan merendamnya dalam air hangat atau panas.

Mutia Nugraheni
| 26 November 2018 14:24

Dream - Menyajikan air susu ibu (ASI) yang sudah diperah untuk bayi sebaiknya dalam kondisi suhu kamar. Tidak terlalu dingin maupun terlalu panas. Untuk itu biasanya, ASI perah (ASIP) yang disimpan dalam kulkas atau pun freezer dihangatkan terlebih dulu sebelum diberikan pada bayi.

Cara yang direkomendasikan untuk menghangat ASI adalah dengan merendamnya dalam air hangat atau panas. Namun bukan air mendidih di atas kompor. Hal ini untuk menurunkan suhunya secara perlahan agar zat gizi di dalamya tdak hilang.

Banyak yang buru-buru ingin menyajikan ASIP untuk bayi. Untuk mempercepat, ASIP pun dihangatkan di microwave. Menurut dr. Frieda Handayani hal itu tak boleh dilakukan.

"Hindari memanaskan kembali ASI perah dengan menggunakan microwave. (ASI perah yang disimpan di lemari es). Penelitian telah menunjukkan bahwa gelombang mikro (microwave) memanaskan ASI dan makanan bayi tidak secara merata, sehingga akan menghasilkan 'titik panas' yang bisa membakar mulut dan tenggorokan bayi," ungkap dr. Frieda di akun Instagramnya.

Ia pun menjelaskan memanaskan ASI dengan menggunakan microwave juga bisa menghilangkan banyak zat yang berguna untuk kekebalan tubuh. Termasuk zat yang berguna untuk melindungi dari serangan infeksi.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Dr. Frieda Handayani, Sp.A(K) (@frieda.handayani) on

"Untuk memanaskan ASI perah, siapkan semangkuk air hangat dan rendam ASI di dalam mangkuk, ini merupakan cara yang alami, sehingga ASI perah mendapatkan panas perlahan-lahan dan tidak merusak kandungan sistem imun dan perlindungan terhadap bakteri yang ada pada ASI perah," pesan dr. Frieda.

 

Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 1 - Sarjana Ekonomi

Jangan Lewatkan