Tahap Perubahan Drastis Payudara Selama Hamil

Banyak yang merasakan kulit payudara perih seperti tergesek.

Mutia
| 9 Oktober 2018 08:17
Dream - Kondisi payudara saat hamil mengalami perubahan yang sangat signifikan. Tak heran kalau banyak ibu yang mengeluhkan baik rasa sakit maupun bentuknya yang jadi sangat berbeda.
 
Sebenarnya, segera setelah pembuahan berhasil terjadi, 10 hari kemudian plasenta mulai melepaskan human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini memulai produksi estrogen dan progesteron. 
 
Semua hormon tersebut mengawali perkembangan kelenjar susu di payudara ibu hamil. Payudara pun jadi sangat sensitif. Banyak yang merasakan kulit payudara perih seperti tergesek.
 
" Perih, terasa bengkak dan bahkan puting seperti terkena benda tajam," ujar Erika Nichelson, seorang dokter kandungan dari Mercy Medical Center.
 
Saat lonjakan estrogen meningkatkan aliran darah dan memperbesar saluran ASI, maka ukuran payudara akan naik satu cup di trimester pertama. Namun ada juga yang ukuran payudaranya tak naik signifikan. Kondisi setiap ibu memang berbeda-beda.
 
" Biasanya baru sekitar 3 bulan ke atas, ukuran payudara berubah secara drastis. Ibu pun mulai tak nyaman dengan bra yang biasa dikenakan. Penting untuk mencari bra hamil dan menyusui yang nyaman di usia kandungan  3 atau 4 bulan ke atas," ungkap Erika.
 
Carilah bra yang memiliki setidaknya tiga hingga empat pengait di bagian belakangnya. Hal ini untuk menjamin bra bisa menyangga payudara dengan optimal dan terasa nyaman. Pilih juga yang dirancang khusus untuk ibu menyusui, agar bisa digunakan lebih efektif. 
 
Memasuki usia kehamlan 7 bulan, jangan kaget kalau payudara menyerupai lukisan abstrak. Tampak garis merah dan biru yang berliku-liku menuju puting yang gelap dan bergelombang. 
 
" Garis biru adalah pembuluh darah yang membesar, dan tanda garis merah muda berasal dari kulit yang membesar. Puting makin gelap berkat estrogen, yang menyebabkan hiperpigmentasi," kata Erika.
 
Muncul benjolan kecil di sekitar areola, area puting yang berwarna gelap. Bagian payudara itu disebut tuberkulum montgomery, yang menghasilkan minyak untuk melembapkan puting. Biasanya terasa nyeri dan untuk meredakannya bisa dioleskan krim atau minyak setiap hari. 
 
Berikan juga pijatan pada payudara dan juga di bagian puting secara teratur. Hal ini untuk melancarkan aliran air susu ibu setelah melahirkan.
 
Museum NU di Surabaya Dijadikan Posko Prabowo-Sandi?

Jangan Lewatkan