Tahan Berapa Lama ASI Perah di Luar Kulkas? Yuk Cari Tahu

Perhatikan juga perubahan warna dan aroma ASI perah.

Mutia Nugraheni
| 28 Mei 2018 08:08

Dream - Memerah air susu jadi aktivitas wajib para ibu bekerja yang masih menyusui. Demi jumlah stok ASI perah (ASIP) aman, di sela-sela pekerjaan ibu selalu mencuri waktu untuk memerah.

Namun ada kalanya ibu lupa untuk langsung menyimpan ASI hasil perahan ke dalam kulkas. ASI pun selama berjam-jam berada di suhu kamar. Lalu apakah tetap aman untuk diberikan pada bayi?

Penting untuk diketahui kalau ASIP bisa tahan di suhu ruangan selama 6 hingga 8 jam. Tapi akan lebih baik jika disimpan segera di lemari es setelah ASI diperah. Jika tak sempat dimasukkan ke lemari es dan sudah berjam-jam di luar ruangan, tetap aman jika diberikan pada bayi.

Batas maksimal ASI di suhu ruangan adalah 8 jam. Perhatikan juga perubahan warna dan aroma. Tes dulu dengan memberikan ASIP menggunakan sendok pada bayi. Apabila si kecil menolak untuk meminumnya bisa jadi kondisi ASI sudah tak segar, mungkin sudah terkontaminasi. Sebaiknya segera buang.

Sebenarnya ASI memiliki semacam zat antibiotik yang mampu membunuh banyak virus dan bakteri. Tapi pastikan saat memerahnya kondisi tangan dalam keadaan bersih. Begitu juga media penyimpanannya. ASI juga harus tertutup rapat agar terhindar dari paparan kotoran dari luar.

Hal terpenting adalah selalu usahakan untuk langsung menyimpan ASI perah di lemari pendingin setelah diperah. Selamat menyusui!

Konser Eksplorasi Cussons Bintang Kecil 9

Jangan Lewatkan