Syarat Penting Saat Siapkan Bekal Sehat untuk Buah Hati

Cari menu yang tak mudah basi dan bisa disimpan lebih dari 2 jam.

Mutia Nugraheni
| 20 Desember 2018 12:06

Dream - Demi memenuhi kebutuhan gizi buah hati, banyak para ibu rutin membuat bekal setiap pagi. Bekal yang disiapkan pun bermacam-macam. Tentunya membawakan bekal jauh lebih sehat dan hemat.

Dokter spesialis gizi klinis, Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK memberikan tips untuk para ibu agar bekal yang dibawa anak ke sekolah tetap sehat dan nikmat.

" Pertama, ibu harus mencuci tangan sebelum memulai masak. Lalu, bahan makanan seperti ayam, ikan dan daging harus dipisah saat menyimpannya di kulkas. Simpan bahan makanan maksimal 3-4 hari, tidak boleh lebih," ujarnya dalam saat ditemui di acara seminar Menu Aman Pilihan Ibu, di Jakarta.

Untuk menu, pilih yang tahan lama dan bisa disimpan selama 2-5 jam. Jangan sampai saat ingin dimakan, bekal sudah berubah rasa atau malah basi. Pasalnya anak-anak biasanya baru memakan bekalnya saat siang hari.

" Biar aman, siapkan makanan pakai tempat terpisah. Jangan memberikan makanan yang berlemak karena kalau kelamaan mudah menimbulkan bakteri,” pesan Juwita.

Menu bekal yang bisa dibawa antara lain cracker, buah potong, puding, nasi dan ayam goreng, atau sayur tumis/ kukus. Bisa juga libatkan anak memilih menu bekal sendiri dan menyiapkannya. Biasanya mereka jadi lebih bersemangat saat memakannya.

Selamat mencoba, Bunda!

Laporan Mega Rasmiyati

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone

Jangan Lewatkan