Sudah Tahu Tanda-tanda Sel Sperma dalam Kondisi Sehat?

Ada beberapa cara bisa dilakukan untuk mengetahui kualitas sel sperma seorang pria.

Mutia Nugraheni
| 21 Februari 2018 17:58

Dream - Bagaimana seorang pria tahu apakah air maninya dalam kondisi yang baik, sehat dan mumpuni untuk melakukan pembuahan? Kondisi sel sperma dan air mani tentunya jadi faktor penting dalam keberhasilan reproduksi.

Hal ini sangat penting diketahui bagi para calon ayah yang kini sedang merencanakan mendapatkan buah hati. Ada beberapa cara bisa dilakukan untuk mengetahui kualitas sel sperma seorang pria.

Pria dengan lingkar pinggang yang sehat
Pria sebaiknya memiliki lingkar pinggang tidak lebih dari 40 inci. Bukan berarti harus memiliki perut six pack atau rata. Hal terpenting adalah menjaga level lemak di sekitar perut dan pinggang. Sebuah studi 2013 menemukan bahwa pria gemuk dengan lingkar pinggang 40 inci atau lebih besar kemungkinan 19 kali lebih besar memiliki jumlah sperma yang rendah.

Suka makan ikan
Pria-pria yang suka mengonsumsi daging olahan seperti kornet, sosis, bacon dan sejenisnya menurut tim peneliti Harvard memiliki sel sperma dalam bentuk normal yang lebih sedikit. Sementara pria yang suka mengonsumsi ikan laut, konsentrasi sel sperma berkualitasnya mencapai 65 persen. Jadi pastikan, konsumsi ikan laut secara teratur.

Pria yang suka pakai boxer
Pada penelitian 2015 diketahui kalau pria yang suka memakai boxer pada malam dan siang hari, level kerusakan DNA pada sel spermanya lebih rendah dibandingkan mereka yang suka memakai celana dalam. Suhu di sekitar organ vital memang sangat mempengaruhi kondisi sel sperma.

Tak merokok
Kebiasaan merokok bisa memicu lambatnya pergerakan sperma dan mengurangi jumlah produksi sel sperma. Efek tersebut juga bisa terjadi jika seorang pria memiliki kebiasaan mengonsumsi obat-obatan terlarang, seperti kokain, ganja dan amphetamin.

Sumber: drsamadi.com

Aliando Syahrief comeback

Jangan Lewatkan