Stimulasi Puting Bisa Jadi Induksi Alami, Ada Syaratnya

Stimulasi puting dapat membantu menginduksi persalinan asalkan tidak ada komplikasi selama kehamilan.

Mutia Nugraheni
| 15 Maret 2021 08:02

Dream - Bagi ibu yang tengah menanti proses persalinan, mungkin sudah tak sabar ingin bertemu si kecil yang sudah berbulan-bulan di dalam rahim. Menanti kontraksi memang menguji kesabaran, terutama jika usia kandungan sudah lebih dari 38 minggu.

Sebenarnya ada cara alami untuk memunculkan kontraksi atau dikenal sebagai induksi alami, yaitu dengan stimulasi puting payudara. Cara ini cukup aman, karena membantu mengeluarkan hormoan oksitosin yang akan merangsang kontraksi.

Stimulasi puting dapat membantu menginduksi persalinan asalkan tidak ada komplikasi selama kehamilan. Pada dasarnya cara ini membantu tubuh melepaskan hormon oksitosin yang bakal mendorong kontraksi untuk membantu gerakan bayi menyusuri jalan lahir.

Sejumlah penelitian dilakukan untuk mengetahui efektivitas metode ini untuk merangsang kontraksi:

- Dalam eksperimen terkontrol secara acak di sebuah rumah sakit negara di Turki (2015), fase persalinan lebih pendek dengan stimulasi puting. Rata-rata lama persalinan adalah 3,8 jam (fase pertama), 16 menit (fase kedua) dan 5 menit (fase ketiga) setelah stimulasi puting. Juga, metode ini mendukung persalinan pervaginam.

- Dalam studi 2012 yang dilakukan pada kehamilan pertama kali dan kehamilan berisiko rendah, wanita pada usia kehamilan 38 minggu disarankan untuk memijat payudara mereka tiga kali sehari, selama 15 hingga 20 menit. Hasilnya, mereka melahirkan bayi pada 39,2 minggu jika dibandingkan dengan kelompok yang memijat payudara pada usia kehamilan 39,5 minggu.

- Enam belas wanita hamil berisiko rendah antara usia kehamilan 38 dan 40 minggu diminta untuk mencoba melakukan stimulasi puting selama tiga hari, satu jam sehari. Setelah itu, air liur mereka diuji kadar oksitosinnya. Pada hari ketiga, kadar oksitosinnya tinggi, dan enam wanita melahirkan.

 

Selanjutnya :

Bagaimana cara melakukan stimulasi puting?

BERANI BERUBAH: Baju Muslim Rezeki Lebaran

Jangan Lewatkan