Stimulasi Penting untuk Si Kecil yang Sedang Belajar Duduk

"Bayi harus terlebih dulu bisa mengangkat lehernya dengan tegak".

Mutia Nugraheni
| 19 Desember 2018 08:11

Dream - Melihat perkmbangan anak setiap bulannya memang sangat menarik. Tiap tahapan dilewati dan si kecil pun semakin aktif. Salah satu yang tahapan perkembangan penting pada balita yaitu saat belajar duduk.

" Bisa dikatakan, anak mengalami perkembangan pesat saat sudah bisa belajar duduk sendiri. Kemampuan ini membutuhkan otot yang kuat, keseimbangan serta kemampuan motorik yang baik," ujar Kurt Heyrman, seorang dokter spesialis anak seperti dikutip dari Parents.

Heymarn mengungkap, bayi mulai belajar duduk paling awal di usia 4 bulan dan paling telat 9 bulan. Jangan pernah memaksa dan ingin buru-buru si kecil bisa duduk dengan tegak.

" Bayi harus terlebih dulu bisa mengangkat lehernya dengan tegak, menjaga keseimbangan dan ototnya sudah cukup kuat," katanya.

Untuk menstimulasi kekuatan otot dan keseimbangan si kecil, dimulai ketika ia berusia 2 bulan dengan mengajaknya 'tummy time'. Posisikan tubuhnya dengan telungkup, lalu ajak bernyanyi atau sediakan mainan berbunyi untuk memancing rasa penasarannya.

Si kecil akan belajar mengangkat kepalanya, menggerakan tangan dan cara ini menguatkan punggung serta lehernya. " Pastikan orangtua selalu mengawasi, jangan sampai hidungnya tertutup saat ia menaruh kepalanya di bawah," ujar Heymarn.

 

Selanjutnya :

Bantal Donat

Wisatawan Nusantara Mampu Pulihkan Pariwisata Terdampak Pandemi

Jangan Lewatkan