Stimulasi Kemampuan Koordinasi Si Kecil Meski di Rumah Saja

Bergerak jadi bagian penting bagi perkembangan anak baik secara fisik maupun mental.

Mutia Nugraheni
| 28 Desember 2020 16:02

Dream - Bagi anak-anak usia dini, bermain di sekolah, taman bermain, halaman, berlarian, lompat dan segala macam aktivitas fisik sangat dibutuhkan. Pada usia di bawah lima tahun anak membutuhkan banyak stimulasi untuk kemampuan koordinasi gerak tubuhnya.

Sayangnya, selama pandemi anak lebih banyak di rumah. Tak bisa melakukan banyak aktivitas fisik. Anak-anak perlu menggerakkan tubuh mereka di mana pun berada. Bergerak jadi bagian penting bagi perkembangan mereka baik secara fisik maupun mental.

" Manfaat fisik, termasuk koordinasi motorik, yang diciptakan oleh gerakan sangat mirip dengan efek yang ditimbulkan oleh makan tiga kali sehari. Otot, ligamen, tendon, koneksi neuromuskuler anak dan semua bagian tubuhnya bakal merespons secara khusus semua rangsangan yang diciptakan oleh berbagai gerakan," ujar Brock Armstrong, ahli kesehatan dan pelatih fisik bersertifikat.

Saat anak tak cukup bergerak, mirip seperti 'kelaparan'. Mereka mungkin akan mudah marahm rewel, gelisah dan sulit berkonsentrasi. Untuk itu membuat aktivitas fisik yang rutin sangat penting, terutama demi mengembangkan kemampuan koordinasinya.

 

 

Selanjutnya :

Apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di rumah?

BERANI BERUBAH: Baju Muslim Rezeki Lebaran

Jangan Lewatkan