Sortir Mainan Si Kecil Agar Tak Makan Tempat

Prosesnya memang sangat menyita waktu, coba trik ini agar lebih efektif.

Mutia
| 8 Maret 2018 19:39

Dream - Kotak-kotak mainan si kecil mulai 'menjajah' rumah? Saatnya melakukan penyortiran agar tak makan tempat. Apalagi jika banyak mainan lama yang sudah tak lagi digunakan dan rusak.

Daripada memenuhi tiap sudut rumah, segera lakukan penyortiran. Untuk memisahkan mainan yang masih dipakai dan tidak memang harus disediakan waktu khusus. Agar prosesnya lebih efektif, coba terapkan 4 langkah ini.

- Letakan semua di lantai
Sahabat Dream perlu mengeluarkan tiap mainan yang ada dalam kotak. Apalagi jika kotak tersebut tertutup rapat dan berwarna gelap. Gelar kertas koran, kemudian tuang mainan dalam
kotak. Cara ini akan jauh lebih efektif, karena kondisi mainan jelas terlihat dan penyortiran pun jadi lebih mudah.

- Buang barang yang rusak
Langkah awal untuk memisahkan, siapkan kantong untuk mainan rusak. Mainan yang sudah patah, berjamur, serta tak bisa berfungsi sama sekali masukkan ke dalam kantong untuk dibuang. Untuk mainan yang masih bagus tapi si kecil tak mau memainkannya lagi, bisa diberikan pada kerabata atau disumbangkan.

- Sortir
Langkah ini yang tersulit dalam membereskan mainan, karena hampir setiap hari mainan di rumah akan terhubung ke memori. Mainan yang masih disukai anak tentu harus disimpan dalam keranjang kembali. Untuk mainan yang tak pernah lagi digunakannya selama 1 tahun berarti harus disingkirkan. Mainan yang disumbangkan harus mainan dalam kondisi baik. Jadi ada yang disimpan dan ada yang disumbangkan, dan ada yang dibuang.

- Lihat kembali tumpukan mainan
Setelah selesai semua, lihat lagi mainan yang mungkin bisa disumbangkan. Jika dirasa tumpukan mainan masih menggunung, Anda bisa kembali melakukan penyortiran.

Laporan Ferra Ferdiana

Sumber: The Maven

Topik Terkait :

JOKOWI AKUI TAHU BAHASA ACEH DI DEPAN ULAMA

Jangan Lewatkan