Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Sindrome Cauvade, Serangan Cemas yang Dialami Calon Ayah

Sindrome Cauvade, Serangan Cemas yang Dialami Calon Ayah Ilustrasi

Dream - Hadirnya seorang anak akan mengubah kondisi keluarga secara signifikan. Tanggung jawab semakin besar dan ini berlaku seumur hidup. Tak heran kalau para calon ayah dan ibu mengalami kecemasan yang sangat tinggi.

Selama ini sebagian besar orang beranggapan kalau serangan cemas hanya dialami oleh ibu hamil. Faktanya, calon ayah juga mengalami hal yang sama. Ayah bisa mengalami gejala serangan jantung efek dari kecemasan ketika istrinya tengah mengandung.

Kondisi ini menurut Mayo Clinic, disebut sindrom Couvade. Bisa terjadi ketika pria sehat yang pasangannya sedang mengandung bayi mengalami gejala yang berhubungan dengan kehamilan. Meskipun tidak dikenali sebagai penyakit mental atau penyakit, penelitian menunjukkan bahwa hal itu mungkin cukup umum.

Manifestasi fisik mungkin yang terjadi bisa jadi mual, mulas, sakit perut atau kembung, masalah pernapasan, kram kaki, sakit punggung, iritasi saluran kemih atau genital dan, termasuk sakit gigi. Gejala psikologis berkisar dari penurunan libido dan kegelisahan hingga kecemasan dan depresi.

"Memang tak banyak penelitian yang mengungkap sindrome Cauvade ini angkanya sekitar 10 persen tetapi tidak setinggi 65 persen," kata Kristina Mixer, M.D., OB-GYN dari Spectrum Health United Hospital di Greenville, dikutip dari Parents.

 

Fluktuasi Hormon

Menentukan asal-usul sindrom Couvade, menurut Mixer, seperti latihan menebak-nebak. Para ahli kesehatan mental telah mempertimbangkan berbagai hipotesis, mulai dari kecemburuan seorang pria atas ketidakmampuan untuk menggendong seorang anak hingga kemungkinan rasa bersalah karena telah menyebabkan rasa menderita pada pasangannya.

Salah satu teori psikososial menunjuk pada marginalisasi pria selama kehamilan wanita, pemisahan gender masyarakat di mana "wanita hamil mendapatkan karier bersalin mereka didukung secara komersial, sosial, dan medis," sementara calon ayah sebagian besar tidak.

Sindrome ini juga tampaknya memiliki beberapa hubungan dengan fluktuasi hormon tertentu, termasuk kadar testosteron, selama kehamilan pasangan. Hal ini seperti gabungan antara campuran emosi dan identitas yang ditimbulkan kehamilan pasangan dan segala sesuatu di antaranya yang mengacaukan pikiran kita dan melalui tubuh. Penyebabnya juga merupakan banyak faktor.

"Ini jelas multifaktorial. Orang memiliki kehidupan yang berbeda dan penyebab stres yang berbeda, dan beberapa pria mungkin lebih rentan terhadap perubahan hormonal yang dapat disebabkan oleh kehamilan pasangannya," kata Joyce E. Gottesfeld, M.D., seorang ahli kebidanan.

4 Hal Berharga yang Dipelajari Anak Perempuan dari Ayahnya

Dream - Mengasuh anak perempuan memang agak berbeda dengan menghadapi anak lelaki. Kepribadian, sifat serta kebiasaannya sejak kecil akan sangat berpengaruh pada kondisi psikologisnya saat dewasa kelak.

Bila selama ini anak perempuan Sahabat Dream lebih banyak menghabiskan waktu dengan ibunya, cobalah dekatkan dia dengan sang ayah. Pasalnya, anak perempuan butuh belajar banyak hal berharga dari ayahnya.

Sosok ayah bagi anak perempuan bukan hanya sekadar pencari nafkah, lebih dari itu ayah juga mengjarkan banyak hal untuk bekalnya saat dewasa nanti. Apa saja yang dipelajari anak perempuan dari ayahnya?

- Sosok pria yang baik
Salah satu hal pertama yang dipelajari seorang anak perempuan dari ayahnya adalah seperti apa sosok panutan pria yang positif. Hal ini benar-benar penting karena ketika seorang ayah menghabiskan waktu berkualitas dengan putrinya dan menyampaikan banyak pelajaran termasuk tentang hidup yang penting, dia secara tidak sadar menerima semua sifat positif ini dari pria. Misalnya, pria yang baik adalah yang penyayang, lucu, dan ulet. Saat ini mencari pasangan, hal itu akan menjadi contoh yang baik.

- Bagaimana pria seharusnya memperlakukan wanita
Anak-anak sangat pintar dengan belajar melihat sekelilingnya. Mereka terus-menerus mengamati dan memperhatikan setiap hal kecil yang dilakukan orangtuanya. Anak perempuan akan mengamati ayah mereka saat memperlakukan wanita.

Sikap ayah terhadap ibu, orangtua atau perempuan lain. Anak perempuan belajar untuk mengembangkan indra dan intuisi apa yang terasa benar ketika seseorang dari lawan jenis berinteraksi dengan mereka dan apa yang tidak benar. Ini sebagian besar datang dari melihat ayah mereka berinteraksi dengan wanita. Jika putri Anda memulai hubungan romantis dengan pria di masa dewasanya, sebagian besar dari apa yang dia cari dalam diri seorang pria berasal dari apa yang dia amati dalam diri ayahnya.

 

Keberanian dan Kemandirian

- Keberanian bertualang
Ada sejumlah ibu di luar sana yang terus-menerus mengkhawatirkan anak-anak mereka. Dalam pengasuhan, ibu dan ayah memiliki peran yang berbeda. Ayah lebih santai dan kerap 'membiarkan' anak-anaknya mengambil risiko. Model pengasuhan ini membuat anak lebih suka bertualang, berani menyuarakan pendapat dan tak takut gagal.

Anak perempuan sangat membutuhkan hal ini untuk kekuatan mentalnya. Ayah memang sering dipandang sebagai "penyelamat" jika menyangkut putri mereka, tetapi itu tidak selalu terjadi ketika ayah terus mengajari anak perempuannya untuk berdaya dengan kekuatannya sendiri.

- Kemandirian
Tugas ayah yang juga sangat penting bagi anak perempuan adalah membantu mereka belajar tentang pentingnya kemandirian. Sosok ayah yang kuat mampu mengajari putrinya untuk mengandalkan dirinya sendiri terlebih dahulu daripada bergantung pada orang lain.

Sumber: Moms.com

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Mempunyai Anak Perempuan Cantik, Ini Rahasianya yang Penting Diketahui Ayah dan Bunda

Cara Mempunyai Anak Perempuan Cantik, Ini Rahasianya yang Penting Diketahui Ayah dan Bunda

Posisi saat berhubungan intim hingga asupan makanan yang dikonsumsi berpengaruh untuk hamil anak perempuan.

Baca Selengkapnya
Gejala Serangan Jantung Pada Kaum Hawa Lebih Banyak, Tak Boleh Abai

Gejala Serangan Jantung Pada Kaum Hawa Lebih Banyak, Tak Boleh Abai

Semakin cepat mencegahnya, maka akan semakin sedikit kerusakan yang terjadi pada jantung.

Baca Selengkapnya
Jantung Berdebar dan Keringat Dingin, Bisa Jadi Gejala GERD

Jantung Berdebar dan Keringat Dingin, Bisa Jadi Gejala GERD

Gejala gangguan pencernaan bisa terjadi tanpa sadar. Kenali berbagai gejalanya agar tahu solusi yang tepat.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Anak Down Syndrome Ini Rawat Ibunya yang Sakit Jantung di IGD Sendirian dengan Sabar dan Penuh Kasih Sayang

Anak Down Syndrome Ini Rawat Ibunya yang Sakit Jantung di IGD Sendirian dengan Sabar dan Penuh Kasih Sayang

Adalah Arbi, anak 'istimewa' yang tak pernah lelah untuk selalu menjaga ibunya yang tengah dirawat di ruang IGD.

Baca Selengkapnya
Haru Banget, Ayah Sangat Girang Saat Tahu Anaknya yang Sakit Akhirnya Bisa Jalan Sendiri

Haru Banget, Ayah Sangat Girang Saat Tahu Anaknya yang Sakit Akhirnya Bisa Jalan Sendiri

Sang anak yang mengalami penyakit hidrocefalus akhirnya bisa jalan sendiri.

Baca Selengkapnya
Tanda Keputihan yang Tak Normal,  Jangan Disepelekan

Tanda Keputihan yang Tak Normal, Jangan Disepelekan

Keputihan merupakan kondisi yang umum terjadi pada perempuan, namun perlu diperhatikan bahwa ada dua jenis keputihan, yaitu normal dan abnormal.

Baca Selengkapnya
Ayah Bunda, Kenali 5 Tanda Anak Butuh Segera ke Dokter Mata

Ayah Bunda, Kenali 5 Tanda Anak Butuh Segera ke Dokter Mata

Banyak faktor yang bisa memicu gangguan penglihatan pada anak.

Baca Selengkapnya