Simpan Gigi Susu Si Kecil, Bisa Bermanfaat di Kemudian Hari

Biasanya, gigi yang tanggal tersebut dibuang begitu saja. Ada baiknya untuk menyimpan gigi tersebut.

Mutia Nugraheni
| 26 Oktober 2018 16:16

Dream - Memasuki usia 5 tahun, gigi susu anak akan mulai tanggal. Digantikan dengan gigi tetap atau gigi dewasa. Ada yang merasakan sakit namun ada juga tanggal dengan mudah dan tak merasakan sakit.

Biasanya, gigi yang tanggal tersebut dibuang begitu saja. Ada baiknya untuk menyimpan gigi tersebut. Rupanya, di kemudian hari gigi susu si kecil bisa saja memiliki manfaat.

Seperti dikutip dari Brightside, salah satunya bisa dimanfaatkan untuk untuk mendapatkan sel-sel induk. Teknologi sel induk kini sedang berkembang pesat. Bukan tidak mungkin sel induk pada gigi susu si kecil bisa dimanfaatkan untuk kesehatannya sendiri di kemudian hari.

Sel-sel darah tumbuh dan berkembang di bagian tulang seperti tulang yang disebut spons sumsum. Sel induk dapat diambil dari gigi serta bagian lain dari tulang.

Ingat, gigi harus disimpan dengan benar untuk menjadi berguna. Dokter dan ilmuwan menggunakan beberapa jenis teknologi untuk mempertahankan dan kemudian memproduksi sel induk.

Selain itu, gigi susu juga bisa disimpan untuk membuat proyek sains anak di kemudian hari. Setelah tanggal, bersihkan gigi. Simpan dalam kotak gigi susu yang kini banyak dijual di pasaran.

Nantinya saat anak duduk di bangku SMP atau SMA, ia bisa mempresentasikannya di kelas Biologi. Pasti akan sangat mengesankan.

Jokowi Resmi Lantik Pengisi Dua Kementerian Baru dan Kepala BRIN

Jangan Lewatkan