Siap-siap Ibu Hamil, Tanda yang Muncul Saat Bukaan Jelang Persalinan

Pembukaan dalam persalinan adalah sebuah proses terjadinya pembukaan pada leher rahim (serviks) yang dihitung per sentimeter sebagai jalur lahir bayi.

Mutia Nugraheni
| 22 Februari 2021 10:03

Dream - Bagi para ibu hamil yang usia kehamilannya memasuki trimester ketiga atau 6 bulan ke atas, pasti sudah menyiapkan banyak hal untuk persalinan. Saat kehamilan sudah 36 atau 38 minggu, bisa jadi muncul tanda bukaan persalinan

Pembukaan dalam persalinan adalah sebuah proses terjadinya pembukaan pada leher rahim (serviks) yang dihitung per sentimeter sebagai jalur lahir bayi. Dikutip dari KlikDokter, pembukaan menjelang persalinan umumnya akan dialami oleh ibu yang sudah dipastikan oleh dokter akan melahirkan secara normal.

Pembukaan ini pun juga menjadi patokan dokter untuk melacak waktu ibu melahirkan. Bagi sebagian besar ibu hamil yang siap bersalin normal, pembukaan akan terjadi dari 1 hingga 10. Berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk mencapai pembukaan 10 bisa berbeda pada tiap wanita. Berikut tanda dan tahap pembukaan persalinan yang perlu diketahui:

1. Kontraksi semakin kuat dan teratur
Tanda awal persalinan adalah kontraksi yang semakin kuat dan teratur. Hal inilah yang membedakannya dengan kontraksi palsu (Braxton Hicks). Pada kontraksi palsu, kontraksinya hilang timbul. Sementara pada kontraksi asli, kontraksi akan dirasakan semakin kuat dan teratur di seluruh permukaan perut disertai penyebaran ke area pinggang.

 

 

Selanjutnya :

2. Keluar lendir bercampur darah

BERANI BERUBAH: Dosen Jadi Pengusaha - Berani Berubah

Jangan Lewatkan