Si Kecil Sulit Naik Berat Badan Bun? Mungkin Ini Sebabnya

Banyak hal yang menyebabkan berat badan anak tak kunjung naik.

Mutia Nugraheni
| 15 Juni 2022 11:12

Dream - Berat badan anak yang tak sesuai standar, seringkali membuat galau para ibu. Ada kalanya grafik berat badan anak berada di bawah garis normal. Dalam kondisi ini mungkin ibu akan melakukan berbagai cara untuk meningkatkan berat badan anak.

Seperti membuat menu makanan yang disukainya, memberi camilan tambahan atau menyediakan porsi makan yang lebih banyak. Pasalnya, membiarkan berat badan anak di bawah standar bisa membahayakan tumbuh kembangnya.

Belum lagi risiko stunting, anak menjadi pendek dan otaknya tak berkembang maksimal. Sebenarnya banyak hal yang menyebabkan berat badan anak tak kunjung naik secara signifikan. Berikut beberapa diantaranya, dikutip dari KlikDokter.

1. Kekurangan Kalori
Salah satu yang dapat menyebabkan berat badan anak susah naik adalah kesalahan dalam memilih menu makanan. Hal itu bisa menyebabkan anak kekurangan pasokan kalori.

Padahal, anak usia 1–3 tahun membutuhkan rata-rata 1200–1400 kkal (kilokalori). Jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, laju tumbuh kembang si kecil bisa saja mengalami gangguan.

Lantas, adakah solusi dari masalah ini? Ada! Orang tua perlu memilih menu tinggi kalori yang tepat untuk diberikan sebagai konsumsi si kecil sehari-hari. Beberapa menu yang dimaksud, misalnya daging merah, ayam, ikan, susu, keju, yoghurt dan alpukat.

Selain itu, si kecil juga memerlukan lemak tambahan dalam menu makannya. Contoh, bisa menambahkan 1 sendok teh minyak zaitun ke dalam menu makan si kecil sebagai sumber lemak baik.

 

Selanjutnya :

2. Pola Pemberian Makan yang Tidak Tepat

TRESemme Master Class : All About Beach Waves

Jangan Lewatkan