Si Kecil Makan Lebih dari 30 Menit, Apakah Harus Dihentikan?

Ada yang harus segera dianalisis orangtua jika anak selalu makan lebih dari 30 menit.

Mutia Nugraheni
| 4 Januari 2021 14:02

Dream - Menyuapi anak di bawah usia lima tahun atau yang masih belajar makan memang penuh tantangan. Si kecil kerap menolak, melepeh, muntah hingga tak mau makan sama sekali.

Hal ini tentunya membuat khawatir orangtua karena bisa asupan nutrisi anak bisa terhambat dan berdampak buruk pada tumbuh kembangnya. Saat menyiapkan makanan untuk anak, pastinya kita sudah memperhitungan proporsi gizi dan kebutuhan si kecil.

Sayangnya, makanan yang masuk ke mulut anak dirasa sangat sedikit. Segala cara sudah dicoba agar anak mau menghabiskan makanannya. Rupanya jika usaha untuk menyuapi anak selama 30 menit telah dilakukan sebaiknya dihentikan. Tak perlu sampai 1 jam menyuapi anak.

Mengapa? Dokter Arifianto, spesialis anak, yang juga penulis buku " Orangtua Cermat Anak Sehat" dan " Sehat Bersama Dokter Apin" menjelaskan kalau aturan makan 'feeding rules' untuk anak adalah durasi makan tidak lebih dari 30 menit.

" Feeding rules dibuat oleh kesepakatan para ahli, dengan tujuan (salah satunya) anak tidak " picky eater" dan mau makan sesuai kebutuhan, agar tumbuh normal sesuai GRAFIK PERTUMBUHAN. Jadi jangan lupakan pantau growth chart nya," tulis dr. Apin dalam akun Instagramnya.

 

Selanjutnya :

Analisis

VIDEO: Prosedur MUI Keluarkan Fatwa Halal Vaksin Sinovac

Jangan Lewatkan