Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Si Kecil Bikin 'Gerakan Tutup Mulut', Segera Lakukan Ini

Si Kecil Bikin 'Gerakan Tutup Mulut', Segera Lakukan Ini Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Menghadapi anak yang tiba-tiba menolak semua makanan yang diberikan, pastinya membuat pusing. Rasa bingung dan khawatir bakal muncul. Kondisi ini dikenal dengan gerakan tutup mulut (GTM).

Padahal segala makanan telah dibuat dan disediakan, termasuk makanan favorit si kecil. Menghadapi masalah ini, dr. Taufiqur Rahman, spesialis anak, membagikan informasi penting utuk para orangtua.

"Pertama, cari sebab kenapa anak GTM. Apakah anak sedang sakit, perhatikan gejala yang lain, demam, batuk, perhatikan juga rongga mulut anak, apakah ada sariawan? Atau anak sedang kenyang?," ungkap dr. Taura dalam akun Facebooknya.

Ia juga menjelaskan kalau lambung anak berukuran terbatas sehingga daya tampungnya pun tidak banyak. Orangtua hendaknya jangan terlalu berambisi memberikan makan sebanyak mungkin.

Selera makan

Penting untuk tahu selera makan anak juga bisa berubah. Mereka tentu akan bosan jika disajikan dengan menu yang sama setiap hari. Coba buat menu baru atau ajak si kecil makan di luar.

"Adakalanya anak menyukai jenis rasa tertentu yang membuat makannya jadi lahap. Dalam masalah pemberian makan pada anak, orangtua hendaknya mengerti bahwa your baby is your boss," pesan dr Taura.

Feeding Rules

Perhatikan juga kebiasaan mengemilnya, yang bisa juga terlalu banyak dan membuat kenyang. Hal ini juga berlaku pada susu. Pastikan porsi camilan dan susu yang dikonsumsi anak tak berlebihan.

Jika berlebihan, ia akan merasa kenyang dan membuatnya malas makan. Ada juga batasan waktu saat makan yaitu 30 menit. Jika lebih dari waktu tersebut, segera hentikan, baik habis atau pun tidak.

Gerakan tutup mulut bisa karena anak sedang sakit, bosan dengan menu yang ada atau lingkungan yang tidak membuat anak makan dengan nyaman dan tenang. Segera cari penyebabnya.

Cara Menambah Nafsu Makan Si Kecil, Bisa Bikin Anak Doyan Sayur

Dream - Banyak orangtua yang merasa kesulitan untuk membujuk anak makan, bahkan terkadang orangtua sampai berusaha keras menuruti semua keinginan anak.

Satu hal yang kerap membuat orangtua kewalahan adalah membujuk anak supaya doyan makan sayur. Terkadang para orang tua sudah merasa lelah membujuk, dan membiarkan anak makan apapun yang mereka suka dan cenderung itu-itu saja.

Seperti nugget, sosis, macaroni, dan makanan cepat saji lainnya tanpa sayur. Sebagai orang tua, ketika menyiapkan makanan sehat bagi anak memang susah, namun jangan sampai membuat stres.

Berikut tips dan cara menambah nafsu makan anak dan juga supaya mereka doyan makan sayur, seperti dikutip dari CNN.

Perhatikan Makanan Di Rumah

Memperhatikan apa saja yang dimakan oleh anak memang sulit, terlebih apabila anak sedang tidak berada di rumah. Namun, ada satu hal yang harus kita perhatikan terlebih dahulu, yaitu jangan biarkan anak terlalu banyak mengonsumsi gula.

Jangan menaruh dan menyimpan makanan yang mengandung gula terlalu banyak di rumah, bahkan jika itu adalah makanan kesukaan orang tua. Selain itu, jangan membeli makanan cepat saji ketika berada di rumah.

Nafsu Makan Anak

Sulit memang, terlebih orang tua juga harus mengontrol konsumsi makanan yang mengandung gula supaya tidak ditiru oleh anak. 

Misalkan, Sahabat Dream sebagai orang tua, tidak menyukai tomat, maka jangan pernah menghindari tomat. Karena apa yang tidak disukai orang tua belum tentu anak juga tidak menyukainya, padahal tomat sangat baik untuk perkembangan anak.

Buat Makanan jadi Menarik dan Libatkan Anak ketika Memasak

Kalau untuk cara yang satu ini mungkin sudah bukan rahasia lagi, dan pasti sudah banyak dilakukan oleh para orang tua. Buat sayuran ke dalam menu makanan yang menarik seperti mencampur bayam dalam mie, menambahkan potongan wortel dalam sup sosis kesukaan anak dan lain sebagainya.

Lori Day, seorang konsultan psikologi pendidikan, mengatakan bahwa ketika orang tua mengatakan sang anak memiliki masalah makan, maka hal tersebut akan menjadi karma dan sang anak mengalami susah makan. Oleh sebab itu, jangan suka mengeluhkan anak yang susah makan ya, Sahabat Dream.

Daripada kita mengeluh anak susah makan, akan lebih baik apabila kita mengajak anak memasak makanannya sendiri.

Melibatkan anak ketika kita berbelanja dan memasak, akan membuat anak merasa senang dan bisa jadi inspirasi bagi mereka.

Daripada menggerutul, lebih baik ajak anak belanja, memasak dan membuat makanannya sendiri.

Biarkan Anak Memilih dan Buat Eksperimen

Setelah membiarkan anak terlibat dalam mengolah makanan mereka sendiri, orangtua tidak boleh memaksakan harus sayur ini-itu. Biarkan anak memilih apa yang mereka senangi.

Ketika anak sudah terbiasa diajak memasak dan melihat proses mengolah makanan, pengetahuan anak tentang makanan akan menjadi lebih luas, sehingga pilihan mereka pasti beragam. Dan, yang perlu diperhatikan orang tua adalah ketika anak secara berlebihan memilih makanan yang itu-itu saja.

Beri anak nasehat dengan baik, dan biarkan mereka melakukan eksperimen. Seperti mencampurkan bahan makanan yang mereka senangi degan bahan makanan yang bagi mereka adalah hal baru. Tunjukkan pada mereka, bahwa ada banyak yang bisa kita lakukan dengan makanan favorit kita.

Terapkan Gaya Makan yang Sehat

Apapun yang dilakukan oleh orang tua, sejatinya akan ditiru oleh anak. Maka dari itu, sebagai orang tua, kita harus pandai-pandai mengatur diri supaya menjadi contoh yang baik bagi anak, terutama saat makan.

Ketika orang tua makan 2 kali sehari, makan anak juga akan meniru. Ketika orang tua hanya makan nasi dengan lauk tanpa sayur, maka lambat laun akan juga akan meniru.

Lebih baik kita menerapkan gaya makan yang sehat untuk diri sendiri, maka anak juga akan meniru gaya makan yang sehat.

Menurut Parnass, seorang psikoterapis, bahwa anak-anak akan meminta sesuap ketika orang tua makan, dan meniru apa yang dilakukan orang tua dibandingkan apa yang dikatakan oleh orang tua.

Ternyata, seberapa cerewetnya orang tua tidak terlalu efektif, akan lebih baik mencontohkannya secara langsung ya Sahabat Dream.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Curhat Kakak Perempuan Punya Adik Lagi Saat Usianya Sudah 24 Tahun, Gemes Banget!

Curhat Kakak Perempuan Punya Adik Lagi Saat Usianya Sudah 24 Tahun, Gemes Banget!

Awalnya kaget, tapi ia malah belajar jadi ibu dan sangat dekat dengan adik kecilnya.

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Mukena Anak, Pastikan Si Kecil Nyaman Memakainya

Cara Memilih Mukena Anak, Pastikan Si Kecil Nyaman Memakainya

Cara memilih mukena anak yang baik agar si kecil nyaman memakainya.

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Simak dan ikuti cara memilih susu untuk menaikkan berat badan anak, agar gizi anak tetap seimbang dan terpenuhi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
4 Langkah Penting  Biar Keju Tahan Lama dan Tak Mudah Berjamur

4 Langkah Penting Biar Keju Tahan Lama dan Tak Mudah Berjamur

Simpan keju dengan cara yang tepat agar tidak mudah basi. Perhatikan 4 hal sebelum menyimpannya di dalam kulkas.

Baca Selengkapnya
Curhat Sedih Pengantin Makeupnya Rusak karena Ulah Tamu

Curhat Sedih Pengantin Makeupnya Rusak karena Ulah Tamu

Pengantin menangis sesenggukan karena riasan hancur akibat ulah tamu. MUA pun membersihkan noda dan memperbaiki riasannya.

Baca Selengkapnya
3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

Beberapa penyakit bisa dialami saat berpuasa. Terutama jika tidak terbiasa dengan pola makan baru. Hindari penyakit tersebut dengan memperhatikan beberapa hal.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Challenge Makan Jeruk Nipis

BUNGKUS! Challenge Makan Jeruk Nipis

Sahabat Dream, seru juga nih tes tingkat ketahanan kamu makan buah jeruk nipis. Kira-kira kalau kalian masuk yang mana nih?

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Open Minded

NOTED KAK! Open Minded

Sahabat Dream, ada gak sih temen kalian yang se-open minded ini? Kamu seterbuka Dreamitie ini nggak sih?

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Makanan Saat Lembur

NOTED KAK! Makanan Saat Lembur

Sahabat Dream, pernah gak sih merasa lapar saat sedang lembur?

Baca Selengkapnya