Si Kecil Belum Juga Berjalan? Segera Konsultasi

Ada banyak fakta yang membuat batita tak kunjung bisa berjalan.

Mutia Nugraheni
| 6 April 2018 14:02

Dream - Salah satu pencapaian kemampuan balita dalam tahap pertumbuhan adalah kemampuan berjalan. Dari merangkak, merambat, 'titah' hingga berjalan. Menurut Baby Center, umumnya bayi baru akan mulai belajar melangkah pada usia 9 hingga 12 bulan.

Saat memasuki usia 14 atau 15 bulan langkahnya mulai stabil. Namun patokan ini tak bisa disamakan pada semua anak. Bisa melihat perkembangan si kecil di usia 16 hingga 17 bulan.

Jika belum ada tanda-tanda perkembangan kemampuan dalam berjalan, jangan menunda untuk segera berkonsultasi dengan dokter anak. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk mencari tahu.

Bisa jadi kaki si kecil mengalami kelainan seperti kaki rata (flat feet), cayus foot atau tarsal coalition. Kondisi tersebut bisa membuat anak jadi kesulitan untuk berjalan dan untuk mengetahuinya, dokter akan menganalisa secara lebih dalam.

Apabila memang ada gangguan tersebut, dokter anak bisa merujuk untuk konsultasi lanjutan dengan dokter ortopedi. Tapi jika anak mengalami masalah perkembangan, bisa jadi dibutuhkan terapi khusus secara intensif agar si kecil bisa berjalan.

Konsultasi dengan dokter anak sub spesialis tumbuh kembang bisa dilakukan untuk mencari tahu terapi yang paling tepat demi merangsang anak bisa berjalan. Jangan tunda berkonsultasi. Penanganan yang cepat dan tepat tentunya akan berdampak signifikan pada perkembangan si kecil secara keseluruhan.

Sumber: Baby Center

BERANI BERUBAH: Angkringan Rasa Seniman - Berani Berubah

Jangan Lewatkan