Setelah Persalinan Bisa Langsung Hamil Lagi di Hari ke...

Tidak menyusui membuat kemungkinan hamil kembali lebih tinggi.

Mutia
| 14 Mei 2018 08:03

Dream - Banyak yang mengira setelah melahirkan dan menyusui, kehamilan tidak akan terjadi. Hal ini karena ibu akan rutin menyusui yang merupakan salah satu kontrasepsi alami. Tapi jika hubungan intim dilakukan secara rutin dan pasangan dalam kondisi subur, kehamilan bisa terjadi.

Setelah melahirkan, seorang perempuan bisa hamil kembali hanya dalam waktu 3 minggu. Bahkan ketika siklus menstruasi belum kembali stabil. Biasanya menstruasi baru kembali terjdi 6 minggu setelah persalinan.

Untuk para ibu yang tak menyusui, menurut penelitian yang dipublikasi dalam Journal of Obstetrics and Gynecology, bisa kembali menstruasi pada hari ke-74. Setelah itu, kehamilan bisa langsung terjadi. Tidak menyusui memang membuat kemungkinan hamil kembali lebih tinggi.

Hal itu karena selama proses menyusui hormon yang dikeluarkan tubuh untuk menghasilkan ASI menghambat terjadinya ovulasi atau pematangan sel telur. Menyusui dalam beberapa hal memang bisa menghambat kehamilan.

Tapi ada syarat yang harus dipenuhi jika ingin menjadikan menyusui sebagai kontrasepsi alami. Pertama menyusui harus secara eksklusif. Artinya Anda tak memberikan asupan apapun pada bayi selain ASI.

Menyusui juga harus dilakukan secara intensif yaitu menyusui langsung. Selama 5 jam di siang hari dan 6 jam di malam hari dan terus menyusui apapun kondisinya. Jika berhenti menyusui sehari saja, bisa menurunkan level hormon prolaktin dalam tubuh yang bisa memicu kembali proses ovulasi.

Setelah ibu kembali menstruasi, berarti menyusui tak lagi bisa menunda kehamilan. Ibu harus mencari cara atau alat lain sebagai kontrasepsi.

Sumber: Momjuction

Mana Nama Suzzanna yang Benar

Jangan Lewatkan