Seragam SD Negeri di Jepang Dirancang Armani, Harganya...

Sejumlah orangtua protes dengan keputusan sekolah menggandeng Armani untuk membuat seragam.

Mutia
| 12 Februari 2018 08:04

Dream - Seragam anak sekolah dasar (SD) di Jepang memang dikenal memiliki desain yang khas. Rapi, klasik tapi berkesan elegan. Sebuah SD di Jepang bahkan bekerja sama secara khusus dengan rumah mode asal Italia, Armani, untuk merancang seragam.

Sekolah tersebut yaitu Taimei Elementary School yang berada di distrik Ginza, Tokyo. Maksud sekolah ingin membuat seragam yang berkelas, tapi keputusan mereka untuk menggandeng
Armani diprotes para orangtua muridnya.

Pasalnya harga seragam jadi sangat mahal, yaitu 80.000 yen atau sekitar Rp9,8 juta. Harga tersebut termasuk topi dan tas. Menurut dewan sekolah seragam yang dimaksud adalah pakaian yang dipilih sekolah dan siswa tidak diwajibkan untuk memakainya.

Menurut dewan pengurus sekolah Taimei, kepala sekolah mengatakan kepada dewan direksi untuk mengubah desain seragam musim panas lalu. Dewan lalu menginstruksikan sekolah untuk melakukan rapat dengan orangtua murid.

Tapi kemudian ada lima pengaduan yang diajukan orangtua murid. Mereka mempertanyakan mengapa memilih Armani sebagai pihak yang mendesain seragam, mengingat merek tersebut
terkenal dengan harganya yang mahal.

Menteri Pendidikan Jepang Yoshimasa Hayashi sudah menerima laporan terkait protes dari para orangtua. Ia mengungkap akan mempelajari semuanya lebih lanjut.

" Jelas harganya sangat mahal, akan sangat menyedihkan jika ada siswa yang tak mampu membayarnya," ujar Hayashi, seperti dikutip dari Japan Today.

 

Top 9 Indonesian Idol, Siapa yang Tersisih?

Jangan Lewatkan