Sentuhan Pasangan Bisa Kurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan

Genggaman, pelukan bisa jadi obat pereda nyeri yang efektif.

Mutia Nugraheni
| 11 Juni 2019 14:07

Dream - Merasakan tangan orang yang Sahabat Dream cintai lalu menggenggamnya akan membanjiri perasaan dengan rasa damai. Ini seperti meyakinkan tentang cinta dan perhatian mereka.

Bukan hanya menciptakan rasa tenang dan nyaman, bahkan juga bisa mengurangi level rasa sakit, bahkan saat persalinan. Hal ini terungkap dalam penelitian yang dilakukan tim dari University of Colorado, Amerika Serikat.

Diketahui bahwa sentuhan memiliki kekuatan untuk bertindak sebagai analgesik (atau penghilang rasa sakit). " Penelitian ini menggambarkan kekuatan dan pentingnya sentuhan manusia," tulis Pavel Goldstein, peneliti utama seperti dikutip dari KidSpot.

Goldstein terinspirasi melakukan penelitian ini dengan melihat pengalaman pribadinya. Saat itu sang istri yang sedang melahirkan mengalami rasa sakit yang luar biasa. Denga memegang tangan Goldstein, sang istri mengungkap bisa mengurangi rasa sakit dan membuatnya lebih tenang.

Penelitian pun dilanjutkan dengan menganalisis 22 pasangan, berusia 22 hingga 32 tahun, dan memeriksa bagaimana otak mereka merespons sentuhan saat mengalami rasa sakit.

Hasilnya, cukup mengejutkan. Bagian otak yang biasanya aktif saat mengalami rasa sakit, cenderung menurun saat melakukan sentuhan. Cara ini menurut Goldstein, bisa dipraktikkan para suami saat menemani istri tercintanya menjalani persalinan.

(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary

Jangan Lewatkan