Selama Hamil, Paula Verhoeven Ternyata Sering Sakit

Ia harus selalu berkonsultasi dengan dokter soal kondisi tubuhnya.

Nur Ulfa
| 8 Agustus 2019 18:04

Penyebab Hemoglobin Rendah pada Ibu Hamil

Dream – Salah satu masalah yang kerap dialami oleh para ibu hamil adalah rendahnya kadar hemoglobin di dalam tubuh. Padahal dengan rendahnya kadar hemoglobin dapat memberikan dampak buruk pada janin dan kesehatan ibu secara keseluruhan.

Hemoglobin merupakan bentuk protein yang kaya akan zat besi, terdapat dalam sel darah merah. Hemoglobin sendiri berfungsi untuk mengikat oksigen yang masuk ke dalam tubuh dimana nantinya akan diedarkan ke seluruh tubuh.

Oksihemoglobin, salah satu molekulnyalah yang membantu untuk mengedarkan pasokan oksigen ke seluruh tubuh untuk menggantikan karbondioksida.

Pada umumnya, setiap manusia dewasa memiliki setidaknya antara 12-18 gm hemogloblin. Apabila seseorang memiliki kadar hemoglobin yang lebih rendah, hal tersebut menandakan bahwa tubuh memiliki kadar oksigen yang rendah pula.

Jika dibiarkan, maka akan memunculkan dampak negatif bagi tubuh seperti terkena anemia hingga masalah kesehatan jantung.

Di sisi lain, para ibu hamil yang memiliki kadar hemoglobin yang rendah akan meningkatkan risiko melahirkan secara operasi (Caesar section). Bahkan jika sudah parah bisa menimbulkan berbagai macam penyakit serta ada kemungkinan untuk melahirkan bayi prematur. Untuk mencegahnya, para ibu hamil harus mengetahui penyebab hemoglobin rendah. Yuk simak informasinya berikut ini.

Selanjutnya :

Penyebab Hemoglobin Rendah: Kurangnya Asupan Bernutrisi

Belajar Jadi Orangtua yang Lebih Baik di Fimelahood #MindfulParenting

Jangan Lewatkan