Selalu Sertakan Protein Hewani untuk Makanan Harian Bayi

Penting bagi perkembangan otaknya agar lebih optimal.

Mutia Nugraheni
| 4 April 2019 14:04

Dream - Membuat menu makanan harian untuk bayi atau anak di bawah usia 3 tahun memang cukup menantang. Ibu harus menyiapkan makanan kaya gizi yang disukai si kecil. Selama ini banyak yang mengira kalau bayi di bawah satu tahun cukup diberikan makanan dari sumber nabati.

Hal tersebut karena ingin mengenalkan anak pada sayur dan buah lebih dulu agar mereka suka sayuran. Sebenarnya pendapat tersebut kurang tepat. Pasalnya, sumber protein hewani sangat penting untuk perkembangan otak anak di usia dini.

Daging sapi, ikan, ayam, telur, adalah sumber makanan yang sebaiknya selalu disertakan dalam menu harian si kecil. Saat menu hewani ditambahkan ke dalam sayuran, buah, dan biji-bijian utuh, akan menjadi sumber protein super, termasuk di dalamnya zat besi, seng, selenium, vitamin, dan lemak sehat yang membantu otak anak berkembang optimal.

" Berikan daging yang lembut, serta dimasak dan dibumbui dengan baik, pastikan juga kematangannya sempurna dan mudah dikunyah oleh si kecil. Sebagai langkah awal, bisa memberikannya daging atau ayam cincang," ujar Nancy Z. Farrell, seorang pakar gizi, seperti dikutip dari Fatherly.

Bagi balita yang sudah tumbuh gigi, bisa diberikan dengan bentuk potongan. Untuk mengolahnya, tambahkan sedikit kaldu atau untuk membantu melembabkan daging dan jangan memasaknya terlalu lama karena akan menjadi kering dan sulit dikunyah.

" Mengunyah daging akan membantu balita mempelajari keterampilan oral motorik. Pastikan selalu mendampinginya saat belajar makan makanan padat agar mengurangi risiko tersedak," kata Farrel.

Untuk daging ayam juga demikian. Potong dengan ukuran yang bisa digengam si kecil. Sementara daging ikan, sebaiknya diolah dalam rasa asli agar anak bisa menyesuaikan lidahnya dengan rasa ikan yang khas.

" Cari ikan segar untuk anak dan penting mengolahnya dengan baik agar tidak amis. Aroma ikan yang khas serta tidak amis bisa membangkitkan selera makan si kecil," ungkap Farrel.

Summer Style 2019

Jangan Lewatkan