Sejak Hamil Berkonsultasilah dengan Konselor Laktasi

Pastikan ibu dan ayah memiliki pengetahuan yang cukup seputar pemberian ASI

Mutia Nugraheni
| 27 November 2018 12:27

Dream - Berkonsultasi dengan konselor laktasi sangat penting bagi para ibu. Terutama mereka yang baru akan melahirkan anak pertama. Banyak yang menganggap kalau konselor laktasi hanya untuk para ibu yang bermasalah saat memberikan ASI.

Justru jauh sebelum melahirkan, ibu sebaiknya menemui konselor laktasi yang biasanya ada di rumah sakit atau klinik serta puskesmas. Konselor ini nantinya akan memberikan edukasi seputar pemberian ASI agar inisiasi menyusui dini setelah melahirkan berjalan dengan baik.

Bayi pun mendapat ASI dengan optimal, serta ibu dan ayah memiliki pengetahuan yang cukup seputar pemberian ASI. Dikutip dari AyahASI, para ibu sebaiknya menemui konselor laktasi sejak usia kehamilan 28 minggu, lalu 36 minggu.

Nantinya ibu akan diajarkan bagaimana memijat payudara agar aliran ASI menjadi lebih lancar. Termasuk bagaimana merawat payudara dan meredakan rasa sakit di awal menyusui. Pasalnya, banyak ibu yang tak sanggup mengalami kesakitan karena memberi ASI dan akhirnya memberikan susu formula.

Padahal ada trik khusus untuk mengatasi rasa nyeri di awal menyusui. Lalu, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi lagi setelah bayi lahir. Ibu akan diajarkan bagaimana posisi menyusui yang tepat dan nyaman bagi ibu serta bayi.

Posisi yang pas sangat menentukan keberhasilan pemberian ASI eksklusif hingga anak berusia 2 tahun. Menyusui merupakan proses yang panjang, jadi dibutuhkan pendampingan dan ilmu yang tepat agar bisa berjalan dengan baik.

Jangan segan meminta bantuan dan berkonsultasi, bunda!

Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 2 - Ngebet Viral

Jangan Lewatkan